Teks Deskripsi: Makna, Cara Membuat dan Contoh Teks Singkatnya

Teks Deskripsi: Makna, Cara Membuat dan Contoh Teks Singkatnya

Terlewat dan tidak memahami cara membuat teks deksripsi? Jangan mau ketinggalan lagi, karena contoh teks dibawah ini, dapat anda jadikan bahan pembelajaran.

Dalam menulis, membaca dan memperhatikan tulisan orang lain adalah hal penting. Hal ini akan memberikan referensi penulisan serta memberikan inspirasi untuk tulisan yang akan dibuat. Sama halnya dengan anda yang akan menulis teks deskripsi. Di mana, dibutuhkan sebuah contoh teks untuk dijadikan referensi penulisan. Sehingga tulisan yang dibuat sesuai dengan kaidah penulisan dan struktur penulisan. Namun sebelumnya, apakah makna teks deskripsi dan bagaimana cara membuatnya?

Apa Itu Teks Deskripsi dan Cara Membuatnya?

Anda belum memahami makna teks deskripsi? Teks deskripsi adalah jenis teks yang terdiri dari beberapa paragraf yang menggambarkan kejadian, tempat atau hal lain secara detail. Teks deskripsi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu deskripsi obyektif, spasial dan subyektif. Tidak ada batasan jenis teks yang dapat dibuat, semuanya disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan.

Dalam membua teks deskripsi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, topik yang akan dipiilih, pilihlah topik yang menarik untuk dibahas. Kemudian, kumpulkan data dengan lengkap, sehingga menghasilkan tulisan yang komprehensif. Terakhir, buatlah karangan dari semua data tersebut dengan mengembangkannya sesuai fakta. Karena teks ini hanya dibuat berdasarkan fakta di lapangan.

Contoh Teks Deskripsi

Dan inilah contoh yang sedari tadi anda nantikan, dibawah ini merupakan teks deskripsi singkat. Lebih jelasnya, dapat disimak dibawah ini:

Semangka

Semangka adalah satu dari banyak jenis buah yang kaya akan air. Buah Semangka, memiliki khas dengan biji didalamnya. Warna biji tersebut cukup beragam, yaitu putih ataupun hitam kecoklatan. Sementara bagian dalam buah memiliki warna merah cerah merona.

Semangka menjadi buah yang cocok dinikmati saat musim panas. Kesegaran buah, sangat cocok untuk menghilangkan dahaga karena panas. Sensasi buah Semangka yang pada saat digigit, akan terasa renyah dan menumpahkan air dari dagingnya didalam mulut. Sensasi inilah yang menjadi favorit banyak orang, terutama saat Semangka dikonsumsi saat dingin.

Kulit Semangka memiliki warna yang khas, yaitu hijau belang putih, hijau tua ataupun kuning keputihan. Walaupun kulitnya hijau, Semangka tetap memiliki warna merah dengan rasa manis. Semangka memiliki ukuran yang beragam, sesuai beratnya. Semakin besar buah, maka akan semakin besar pula ukuran semangka.

Bobot buah semangka, dapat mencapai 40 kg. Semangka kecil dapat berukuran 4-5 kg. Sementara buah dengan ukuran sedang berbobot 6-10 kg. Sedangkan jika memiliki ukuran lebih dari itu, maka termasuk sebagai Semangka berukuran besar. Walaupun demikian, harga Semangka tergolong murah dan terjangkau oleh masyarakat.

Simpulan

Membuat teks deksripsi sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menentukan topik yang menarik sebagai langkah utama. Sedangkan langkah berikutnya adalah mencari contoh teks yang tepat untuk dijadikan referensi. Terakhir, buatlah teks deksripsi yang sesuai dengan harapan dan tema yang telah dipilih.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail