Servis AC Mobil Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Servis AC Mobil Berdasarkan Jenis Kerusakannya

 Saat AC mobil sudah tidak dingin tentu pemilik mobil akan langsung membawa mobil ke bengkel AC mobil. Penyebab AC tidak dingin juga banyak misalnya karena kurangnya oli kompresor, freon habis, dan lainnya. Sebenarnya terdapat beberapa hal untuk membedakan AC tidak dingin karena rusak.

Ciri-ciri AC tidak dingin karena terjadi kerusakan komponen tertentu yang pertama yaitu ac mobil yang kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali meskipun sudah diatur dengan mode cool maksimum. Blower bisa saja tidak hidup saat switch AC sedang dinyalakan atau dalam kondisi on. Ciri-ciri ebrikutnya yaitu kipas kondensor tidak berfungsi dan freon cepat habis.

Jenis Kerusakan AC Mobil

  1. Kompresor AC bunyi

Terdapat suatu kondisi yang disebut kompresor ngorok atau AC mobil ngorok di mana akan terdengar suara berisik atau sedikit kasir yang berasal dari ruang mesin. Suara ini akan terdengar saat AC dinyalakan dan kemudian suaranya akan berhenti saat AC dimatikan atai posisi switch digeser ke posisi OFF.

Penyebab timbulnya suara kasar dari mesin mobil saat AC dihidupkan karena kurangnya oli kompresor. Berkurangnya oli dapat terjadi karena terjadi kebocoran atau karena kekurangan jumlah freon, piston kompresor dan silindernya yang aus, dan bearing pull kompresor kendur. Keadaan ini seringkali dialami oleh mobil-mobil tertentu seperti mobil Avanza, Toyota Innova, Toyota Limo, dan mobil sejenisnya.

Ketiga mobil tersebut menggunakan kompresor yang mirip. Apabila bunyi dari mesin menghilang setelah menambahkan freon maka penyebabnya karena kehabisan freon saja sehingga tidak harus menambah oli kompresor lagi dan juga sebaliknya anda bisa servis kompresor AC mobil di bengkel apabila karena kompresor.

  1. Kompresi kompresor AC mobil melemah atau berkurang

Jenis kerusakan lainnya yang sering terjadi karena kompresi kompresor AC mobil sudah melemah atau berkurang. Hal ini dapat dilihat dari kecepatan mobil yang dapat mempengaruhi hembusan udara dari AC yang terjadi ketika saat awal dinyalakan.

Misalnya hembusan AC mobil akan terasa lebih dingin dan kencang saat mobil di gas hingga 2.000 rpm dan sebaliknya AC mobil akan terasa kurang dingin saat mesin mobil berada pada rpm yang rendah.

Keadaan ini dapat terjadi karena dinding piston sudah aus. Namun bisa juga terjadi karena berkurangnya silinder kompresor. Jika klep yang terletak di atas piston terputus juga dapat menyebabkan hal ini terjadi.

  1. Kebocoran pada kompresor

Jenis kerusakan lainnya yang juga sering dialami oleh AC mobil yaitu terjadi kebocoran pada kompresor. Ciri-ciri terjadinya kebocoran pada kompresor yaitu bodi kompresor terlihat basah oleh oli. bodi kompresor juga akan terlihat lebih berdebu dari biasanya bahkan kebocoran ini dapat ditemukan di beberapa bagian kompresor lainnya.

  1. Kerusakan magnetic clutch ac

Magnetic clutch merupakan salah satu komponen pada kompresor AC mobil. Apabila gulungan spul putus atau short maka akan mengakibatkan kerusakan komponen magnetic clutch pada kompresor AC.

Namun beberapa mobil seperti mobil Toyota Vios dan Toyora Limo sudah dilengkapi dengan sensor temperatur pada magnetic clutch yang akan menonaktifkan kompresor secara otomatis apabila sudah terlalu panas. Kemudian kompresor akan bekerja kembali secara normal apabila suhu kompresor sudah turun.

  1. Kebocoran Freon

Apabila freon baru saja diisi namun cepat habis maka kemungkinan besar terjadi kebocoran freon ac. Hal ini bisa saja terjadi ketika karet-karet jalur freon yang getas karena sudah tua. Efek usia getas karet di freon AC memang dapat mempercepat proses kerusakan sehingga freon AC akan mengalami kebocoran. Kerusakan ini juga dapat terjadi apabila mobil sering digunakan untuk melewati jalanan yang macet.

  1. Korslet di sekring dan relay

Masalah lainnya yang juga sering dialami oleh AC mobil yaitu terjadi masalah pada sistem kelistrikan AC mobil yang mengakibatkan korslet di sekring dan relay. Hal ini memang terlihat sepele sehingga seringkali diabaikan oleh pemilik mobil padahal jika dibiarkan akan memberikan efek yang besar pada mobil.

Apabila AC mobil anda mengalami kerusakan, sebaiknya untuk segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Untuk memudahkan anda, anda bisa memanggil jasa servis AC mobil ke rumah di Montir.id untuk menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail