Multiservice VPN

Multiservice VPN, Perkembangan IP VPN untuk Area Lebih Luas

VPN (Virtual Private Network) berbasis internet protocol sangat terjamin untuk melancarkan transmisi data. Untuk area yang lebih luas, Anda bisa memasang multiservice VPN. Jaringan yang merupakan perkembangan dari IP VPN ini terjamin aman untuk komunikasi data dalam WAN (Wide Area Network) dengan teknologi MPLS (Multi Protocol Label Switch).

Sistem Kerja Multiservice VPN

Multiservice VPN merupakan suatu jaringan VPN yang menggunakan teknologi MPLS. Dengan teknologi tersebut, Anda bisa berkomunikasi lewat data dan suara dalam area yang lebih luas, yaitu Wide Area Network. Keamanannya juga terjamin dengan sistem enkripsi data, yaitu sistem pengamanan data yang hanya bisa diakses oleh pihak yang bersangkutan.

Meski menggunakan jaringan internet dalam sistem lalu lintas datanya, jaringan ini tetap akan menjaga keamanan data dengan teknologi yang sudah diterapkan dari sumber data ke tujuan data secara lancar tanpa gangguan campur tangan dari pihak lain. Meski data berjalan ke berbagai negara yang dilalui jalur internet, namun data tidak bisa diakses pihak lain.

Sistem enkripsi datanya mampu mengacak data apabila dilihat oleh pihak lain, sehingga pihak lain tersebut tidak akan bisa melihat data secara utuh ataupun layak baca. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kerusakan data atau hilangnya data.

Multiservice VPN ini merupakan perkembangan dari sistem VPN IP karena diterapkan dalam area yang lebih luas dari LAN, yaitu WAN. Jaringan sharing MPLS yang diterapkan dalam jaringan ini juga memadukan label swapping dengan dilengkapi layer network routing yang membentuk private network atau jaringan pribadi yang aman.

Selain terjamin keamanannya, jaringan penerus dari teknologi IP VPN ini juga lebih cepat dalam sistem lalu lintas data. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses data lebih cepat dan memenuhi kebutuhan informasi dari data yang diperoleh.

Dalam implementasinya, sistem ini memungkinkan Anda berkomunikasi via suara di dalam perusahaan, membangun pusat data, serta menghubungkan titik percabangan intranet dengan aman. Komunikasi internal dengan cabang perusahaan juga dapat terlaksana karena area dalam multiservice VPN ini dapat menjangkaunya.

Keunggulan Multiservice VPN

Jangkauan multiservice VPN yang lebih luas dari VPN IP merupakan suatu keunggulan yang bisa digunakan sebagai sistem transmisi data yang efektif. Dengan sistem ini, satu perusahaan bisa berkomunikasi dan saling bertukar data untuk melancarkan kinerja operasionalnya dengan keamanan data meskipun menggunakan jaringan internet.

Dengan teknologi yang canggih, terdapat keuntungan berupa fleksibilitas untuk mengatur prioritas pengiriman paket data untuk dalam bentuk data ataupun suara. Anda bisa mengaksesnya kapan pun selama 24 jam, terutama saat jam kerja. Optimalisasi biaya juga merupakan keunggulan karena tidak perlu menyediakan perangkat untuk penyimpanan data.

Berbagai layanan jasa komunikasi data yang dibutuhkan juga dapat dipenuhi dengan satu jaringan saja, sehingga tercipta biaya yang ekonomis. Koneksi any-to-any dalam setiap jaringan VPN juga mendukung kelancaran dan keamanan lalu lintas data. Akses data dengan alamat privat ataupun publik secara umum tetap bisa dilakukan.

Akses langsung (real time) dalam sistem manajemen jaringan juga terjamin. Koneksinya tetap terjamin dengan akses yang dilakukan oleh seluruh pihak organisasi yang bersangkutan. Dalam beberapa jaringan, terdapat sistem fully managed untuk mengatur instalasi jaringan karena dikelola optimal oleh jasa profesionalnya. Lintasarta adalah salah satu penyedianya.

Pembahasan seputar multiservice VPN tersebut sangat menarik. Terdapat sebuah jaringan yang dilengkapi teknologi pengaman yang canggih di area yang cukup luas. Anda bisa menggunakan jaringan IP VPN untuk area lebih luas ini demi menjamin keamanan dalam proses pertukaran data. Komunikasi berjalan lancar tanpa hambatan data rusak atau hilang.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail