Mendukung Tumbuh Kembang Anak, Berikut Tahapan Perkembangan Bayi 0 - 12 Bulan

Mendukung Tumbuh Kembang Anak, Berikut Tahapan Perkembangan Bayi 0 – 12 Bulan

Setiap bulannya, si kecil akan terus mengalami perkembangan. Perkembangan ini bisa dipantau melalui kemampuan dan keterampilan baru yang dapat dilakukannya secara bertahap.

Namun, perlu untuk anda ketahui perkembangan setiap anak tidak selalu sama. Tak heran jika biasanya perkembangan anak satu dengan yang lain berbeda. Hal ini juga tergantung dari kondisi kesehatan mereka sendiri.

Jadi, apabila buah hati anda tidak menunjukkan kemampuan dan keterampilannya anda tidak perlu khawatir. Bisa jadi, si kecil memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh anak lain. Untuk memahami tumbuh kembang anak, berikut tahapan perkembangan bayi 0 – 12 Bulan.

Memahami Tahapan Perkembangan Anak

    1. Bayi Di Usia 0 – 3 Bulan Dengan Kemampuan Motorik Kasar dan Halus

Dikutip dari https://merries.co.id/community-parenting/tumbuh-kembang/kenali-tahapan-perkembangan-bayi-usia-0-12-bulan, pada usia yang ke 1 tahun, si kecil sudah mulai berlatih mengangkat kepala secara perlahan dan bertahap. Di usia yang ke 1 bulan 3 minggu si kecil sudah mampu mengangkat kepalanya hingga 45 derajat.

Kemampuan mengangkat kepala ini terus bertahap. Hingga pada usia 3 minggu, si kecil sudah mampu mengangkat kepalanya 90 derajat. Kemudian pada usianya yang ke 3 bulan, ia sudah bisa duduk sambil mengangkat kepalanya.

Di usia ini, si kecil juga sudah mampu memainkan kedua tangannya dengan lancar. Bahkan ia sudah mulai bisa bertepuk tangan dan mampu memegang mainannya dengan tangannya sendiri

    1. Bayi Di Usia 1 – 3 Bulan Dengan Kemampuan Komunikasi Dan Bahasa

Di usia 0 -3 bulan, bayi juga sudah bisa menunjukkan kemampuan komunikasi dan bahasanya yaitu menangis. Namun, pada usia 1 bulan lebih 3 minggu si kecil mampu mengucapkan kata “ooo” dan “aaah”.

Selanjutnya pada saat ia memasuki usia2 bulan 3 minggu perkembangan bayi 0 – 12 bulan kemudian, si kecil sudah mulai menunjukkan kemampuannya berteriak untuk mengekspresikan diri. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa, anda bisa sering mengajaknya berbicara seperti saat memandikannya.

    1. Bayi Usia 1 – 3 Bulan Dengan Kemampuan Sosial Emosional

Pada usia 1 – 3 bulan, si kecil sudah mampu menunjukkan ekspresi emosionalnya. Anak akan sering tersenyum pada suatu hal yang membuatnya tertarik. Bahkan di usia ini, mereka sudah bisa tertawa.

    1. Bayi Usia 4 – 6 Bulan Dengan Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus

Di usia 4 bulan, bayi sudah memiliki kemampuan untuk telungkup tanpa bantuan. Ia mampu mengubah posisinya dari berbaring hingga ke posisi duduk. Kemudian, di usia 6 bulan 1 minggu, si kecil sudah mampu duduk tanpa dibantu orang lain.

    1. Bayi Usia 4 – 6 Bulan Dengan Kemampuan Komunikasi Dan Bahasa

Di rentang usia ini, si kecil sudah belajar untuk berbicara. Kata yang diucapkan juga mulai bervariasi. Pada umumnya si kecil sudah mulai belajar menirukan kata yang diucapkan oleh orang di sekelilingnya seperti “papa” dan “mama” sebagai puncak perkembangan bayi 0 – 12 bulan.

Memantau tumbuh kembang anak merupakan kewajiban bagi semua orang tua. Setiap pergerakan yang si kecil lakukan sangatlah berarti. Seiring dengan penambahan umur, gerak anak makin aktif. Untuk itu dukung tumbuh kembang si kecil dengan popok Merries.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail