Manfaat Minum Susu Formula bagi Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Minum Susu Formula bagi Tumbuh Kembang Bayi

Susu formula merupakan susu yang diberikan pada bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuhnya. Pertumbuhan dan perkembangan bayi dimulai sejak di dalam kandungan sampai bayi dilahirkan.  Buat Anda yang memiliki anak alergi susu sapi, bisa periksa Cek Alergi agar bisa mendapatkan tips terbaik saat menggunakan susu formula tanpa alergi.

Ada pun manfaat susu formula sebagai berikut.

  1. Kesehatan Tulang

Bayi membutuhkan tulang yang kuat agar bisa segera melakukan perkembangan gerak seperti merangkak, duduk, berdiri, berjalan, hingga berlari. Tulang bayi akan memiliki kepadatan terbaik yang kuat tanpa adanya masalah.

Kandungan kalsium di dalam susu yang akan bekerja untuk memberikan asupan nutrisi agar tulang menjadi kuat. Selain kalsium juga ada vitamin D di dalam susu yang bagus untuk perkembangan tulang agar tidak mengalami masalah di masa mendatang. Selain itu juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Menguatkan Gigi

Susu juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dengan kandungan fosfornya. Anak Anda akan mendapatkan pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat. Anak pun akan lebih mudah nantinya saat mengonsumsi makanan pendamping ASI.

  1. Sehat dan Kuat

Anda jangan panik jika anak alergi susu sapi, masih banyak susu dari bahan baku lainnya yang dapat diberikan. Tetap harus ada susu formula yang dikonsumsi agar anak tumbuh sehat dan kuat dengan kandungan nutrisi di dalam susu.

Risiko obesitas pun akan teratasi dengan minum susu terlebih lagi kekurangan gizi akan jauh dari anak Anda. Susu akan membuat anak memiliki berat badan ideal dan masa otot yang sesuai usianya. Ini akan membuat anak memiliki gerak atau keaktifan yang sesuai usia.

  1. Perkembangan Otak

Perkembangan otak anak akan optimal dengan asupan nutrisi yang didapatkan dari dalam susu. Ada DHA atau AHA yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi itu. Perkembangan otak ini akan membuat anak menjadi cerdas dengan porsi dan jenis susu sesuai usianya.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat lainnya dari susu untuk formula dapat menyehatkan pencernaan karena adanya kandungan FOS dan GOS. Di dalam kandungan ini ada bakteri baik yang akan bekerja melancarkan pencernaan anak menjadi lebih baik tanpa masalah seperti diare atau pun sembelit.

Kandungan FOS dan GOS juga sangat membantu dalam menjaga kekebalan tubuh bayi. Anda bisa memberikan susu formula sesuai kebutuhan setiap harinya dengan takaran yang pas. Pilihlah susu yang memang sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi.

  1. Mempertebal Rambut

Kandungan di dalam susu formula akan membuat perkembangan rambut menjadi lebih sehat dan tumbuh lebat. Anda akan sangat senang jika anak memiliki rambut yang hitam dan tidak rontok. Rambut ini akan melihatkan anak Anda sehat.

  1. Mencegah Dehidrasi

Umumnya Anda akan lupa untuk memberikan minum kepada bayi atau pun anak. Pemberian susu formula secara rutin akan membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Mengingat dehidrasi dapat menyebabkan anak mengalami sakit tenggorokan yang akan membuatnya menjadi rewel.

Di dalam susu ada kandungan mineral atau molekul air yang dibutuhkan tubuh anak. Jadi kebutuhan air terpenuhi lebih mudah, namun tetap harus ada pemberian air putih kepada anak. Anda bisa menghitung kebutuhannya dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Sekali pun susu formula memiliki banyak manfaat tetap ada risiko anak alergi susu sapi. Anda yang ingin mengetahui informasi tentang alergi pada anak bisa melihat di cekalergi.com. Penyebab dan solusinya bisa dilihat dengan mudah. Anda juga bisa mengetahui produk susu yang aman diberikan kepada bayi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail