Kutub Magnet Bumi Terbalik

Kutub Magnet Bumi Terbalik, Bagaiman Pendapat LAPAN?

Kutub magnet bumi terbalik baru-baru ini diungkapkan oleh peneliti Daniel Baker. Daniel Baker sendiri adalah Direktur Laboratory for AtmosphericandSpacePhysics di Colorado University , Amerika Serikat. Menurutnya tanda fenomena kutub magnet bumi yang terbaik tersebut diklaim terjadi sejak Februari 2018.

Ulasan mengenai fonemena tersebut ditulis oleh penulis buku Alanna Mitchell dengan judul “The Spinning Magnet: The Electromagnetic Force thatCreatedthe Modern World andCouldDestroyIt”. Lalu bagaimana pendapat LAPAN (Lembaga Peneliti Antariksa) menanggapi hal tersebut?. Berikut akan kami paparkan yang dilansir dari harapanrakyat.com.

Apa Saja Yang Mungkin Terjadi Jika Kutub Magnet Bumi Terbalik?

Mengacu pada pendapat Daniel Baker terdapat beberapa dampak yang akan terjadi jika kutub magnet bumi terbalik.

  1. Jaringan listrik terputus

Menurut Daniel Baker, seluruh jaringan listrik di Bumi akan terputus jika kutub bumi terbalik. Selain itu, akan ada beberapa wilayah di Bumi menjadi tidak dapat ditinggali lagi.

  1. Bumi mengalami zaman es

Zaman es yang terjadi di Bumi 40.000 tahun yang lalu akan terulang kembali jika terjadi pembalikan kutub magnet Bumi. Dugaan tersebut dikarenakan pada zaman dahulu pembalikan kutub magnet bumi pernah terjadi dan menyebabkan terjadinya zaman es, meskipun hal tersebut belum dapat dipastikan.

  1. Tiga seperempat spesies di bumi punah

Terjadinya kepunahan tiga seperempat spesies makhluk hidup di bumi dikarenakan adanya lubang-lubang pada lapisan atmosfer bumi. Hal itu karena munculnya titik lemah medan magnet akibat pergeseran sehingga objek-objek luar angkasa menembus atmosfer bumi. Titik lemah medan magnet tersebut berada di Amerika, Inggris, dan Rusia.

  1. Aktifnya beberapa gunung api besar

Aktifnya gunung api yang besar terjadi pada 40.000 tahun yang lalu saat fenomena yang sama terjadi. Seperti terjadinya zaman es akibat terbaliknya kutub magnet bumi bahwa kejadian di masa lalu tersebut belum dapat dipastikan.

  1. Berkurangnya jumlah oksigen di Bumi

Pengurangan jumlah oksigen di Bumi akibat kutub magnet bumi terbalik disampaikan oleh ilmuan dari Chinese Academy of Science. Terbaliknya kutub magnet bumi menghabiskan setidaknya 218 triliun ton oksigen.

  1. Terjadinya cuaca ekstrim

Pelemahan medan magnet terjadi ketika proses perubahan posisi kutub magnet. Pelemahan medan magnet tersebut yang menyebabkan munculnya bencana seperti tsunami, angin matahari, dan gempa bumi. Fenomena tersebut yang kemudian menimbulkan cuaca ekstrim.

  1. Memicu terjadinya kanker

Titik lemah medan magnet akibat terbaliknya posisi kutub magnet di bumi dapat menyebabkan penipisan ozon. Tipisnya ozon menyebabkan lolosnya sinar UV sehingga menyebabkan terjadinya mutasi gen dan kemudian dapat memicu terjadinya kanker.

Akibat yang terjadi jika magnet bumi benar-benar terbalik terdengar sangatlah mengerikan. Namun ada pendapat lain yang disampaikan oleh Thomas Djamaluddin selaku kepala LAPAN (Lembaga Antariksa). Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menyampaikan bahwa perubahan kutub magnetik bumi mungkin terjadi, namun kutub dan rotasi bumi tidak akan terbalik. Masih menurut Thomas Djamaluddin, kabar mengenai perubahan kutub magnetik bumi sering disalahartikan. Beberapa penyebar berita hoaksmenyebutkan bahwa matahari akan muncul dari barat dikarenakan perputaran bumi yang menjadi berlawanan yang mana hal tersebut dikarenakan adanya pembalikan kutub magnet.

Menurut Thomas sumbu poros bumi tidak akan mengalami meskipun kutub magnet bumi mengalami perubahan. Perubahan yang terjadipun dapat dideteksi dengan kompas karena arah kompas ditentukan oleh gaya tarik menarik terhadap kutub magnet bumi.

Hal lain yang disampaikan Djamaluddin, bahwa faktanya pada ribuan tahun yang lalu bahwa bumi sebenarnya sudah pernah mengalami perubahan kutub magnet. Ditekankan kembali oleh Djamaluddin bahwa meskipun terjadi perubahan posisi kutub bumi tidak akan merubah posisi kutub dari utara ke selatan dan perubahan itu tidak akan menyebabkan kiamat.

Berdasarkan pemaparan di atas, masih sangat banyak penelitian tentang kutub magnet bumi terbalik yang harus dilakukan oleh para ilmuan. Tujuannya agar dapat menarik kesimpulan dengan baik. Kita sebagai masyarakat juga perlu lebih bijak untuk tidak terlalu cepat menyimpulkan dan menyebarkan informasi yang bagi para ilmuan sendiri belum dapat dipastikan kebenarannya.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail