Jangan Salah, Ini 4 Tips Mendapat Bengkel Ganti Oli Terbaik

Jangan Salah, Ini 4 Tips Mendapat Bengkel Ganti Oli Terbaik

Masih banyak orang yang kurang menyadari tentang pentingnya menjaga kondisi mobil. Ada berbagai alasan yang menyebabkan hal tersebut antara lain tidak paham, malas pergi ke bengkel, atau tidak memiliki cukup waktu. Padahal sangat penting untuk ke bengkel ganti oli dan servis rutin agar performa mobil bisa terjaga. Mobil yang terawat akan membuat perjalanan menjadi lancar.

Dari sekian macam bagian servis rutin, ganti oli adalah salah satu yang cukup vital untuk mobil. Oli berperan dalam mendorong kerja mesin supaya lebih awet dan lebih baik. Tanpa oli atau menggunakan oli yang lama tidak diganti akan membuat mobil bisa cepat turun mesin. Oli ini berguna untuk mendinginkan, melindungi, dan melumasi mesin sehingga meminimalkan gesekan yang terjadi.

Karena pentingnya oli ini, maka secara rutin harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Biasanya waktu ganti oli didasarkan oleh jarak yang telah ditempuh. Namun, memilih oli pun juga tidak boleh sembarangan karena setiap mobil bisa memiliki merek oli yang berbeda. Pengetahuan tentang oli ini merupakan modal penting untuk perawatan mobil ke depannya.

Memilih Bengkel Oli Terbaik

Mengganti oli memang bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun, tidak semua bisa melakukannya dengan teliti dan tepat. Jika salah dalam mengganti oli, maka risikonya tidak main-main. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan jasa dari bengkel ganti oli agar prosesnya berjalan lancar dan mobil Anda bisa digunakan dengan normal. Berikut ini adalah beberapa tips menemukan bengkel yang tepat.

  1. Menggali informasi

Tidak hanya berlaku untuk mencari bengkel saja, Anda perlu menggali informasi selengkap-lengkapnya ketika ingin menggunakan jasa apapun. Hal ini bertujuan untuk melacak bagaimana track record bengkel tersebut dan juga kualitas pelayanannya. Informasi ini bisa Anda cari melalui sosial media, internet, teman, anggota keluarga, dan lain-lain.

Orang-orang yang Anda kenal mungkin memiliki pengalaman pergi ke bengkel tersebut. Anda bisa menanyakan bagaimana kualitas pelayanan dan eksekusinya. Jika pendapat mereka cukup bagus, maka Anda bisa mempercayakan bengkel tersebut untuk mengurus pergantian oli mobil Anda.

  1. Memastikan bengkel punya nama baik

Masih berkaitan dengan poin nomor satu. Jika menggali informasi bertujuan untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan, maka selanjutnya adalah memastikan bahwa bengkel punya nama baik. Artinya, bengkel tersebut tidak memiliki riwayat pernah melakukan kesalahan fatal saat menangani mobil pelanggan. Biasanya bengkel yang memiliki nama baik memiliki banyak pelanggan setia.

  1. Memiliki standar operasional yang jelas

Pastikan bengkel yang hendak Anda percayai memiliki standar operasional yang jelas. Anda bisa mengeceknya dengan mengunjungi bengkel tersebut. Perhatikan bagaimana mereka menyambut Anda, apakah terkesan cuek atau ramah. Perhatikan juga apakah Anda dilayani sesuai dengan prosedur seperti diagnosis awal, eksekusi, quality control, dan konsultasi. Apabila mereka terkesan melayani dengan asal-asalan, sebaiknya Anda tidak gunakan jasa bengkel tersebut.

Sebagai seorang pelanggan, memang Anda memiliki hak untuk mendapat pelayanan yang terbaik terkait dengan mobil Anda. Jangan cepat mengiyakan jika mereka menawarkan untuk mengganti beberapa part yang sebenarnya belum harus diganti. Bisa saja itu adalah cara mereka untuk mendapat keuntungan lebih dari Anda.

  1. Mengetes kecakapan montir

Nyawa dari sebuah bengkel terletak pada keterampilan montir atau mekaniknya. Bengkel yang memiliki reputasi baik belum tentu mempunyai mekanik yang berkualitas. Oleh sebab itu, cukup penting untuk mencari tahu terlebih dahulu bagaimana kualitas dari mekanik. Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan mengenai hal-hal teknis dan perhatikan respons mereka, apakah terlihat paham atau malah terlihat kebingungan.

Anda juga bisa mengamati bagaimana saat montir bekerja. Perhatikan apakah pekerjaan mereka rapi seperti meletakkan perkakas dengan baik dan melakukan sesuai prosedur atau tidak. Selanjutnya, lihat kecepatan pengerjaan beserta hasilnya. Apakah memuaskan? Jika tidak, sebaiknya Anda tidak kembali lagi dan mencari bengkel yang lebih baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Jika Anda masih bingung memilih bengkel yang tepat, Anda bisa menggunakan Otomall.id. Otomall.id merupakan platform untuk booking layanan servis mobil termasuk ganti oli mesin. Dengan menggunakan Otomall.id, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 40% yang tentu bisa menghemat pengeluaran Anda.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail