Ini Dia Kandungan Nutrisi Makanan Kucing Hamil

Ini Dia Kandungan Nutrisi Makanan Kucing Hamil

Pada saat Anda mengetahui kucing peliharaan tersayang Anda sedang hamil, Anda harus lebih sering memperhatikan asupan gizinya. Terutama dalam hal memilih makanan kucing hamil yang tepat. Pasalnya, di dalam makanan kucing ini terdapat beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan terutama untuk membantu pertumbuhan janin.

1. Protein

Salah satu kandungan yang penting ada adalah protein. Kandungan nutrisi ini sangat diperlukan bagi janin terutama untuk membantu pertumbuhan janin berupa otot, bulu, kulit, maupun cakarnya.

Tidak hanya itu, protein yang terbentuk dari asam amino ini bisa membantu perkembangan dan pertumbuhan janin itu sendiri. Apabila Anda ingin menambahkan protein sebagai nutrisinya, Anda bisa memberikan makanan seperti daging, telur, ikan, biji-bijian, bahkan ragi.

2. Karbohidrat

Kandungan nutrisi yang satu ini harus ada dalam setiap makanan kucing terutama bagi kucing yang sedang hamil. Fungsi dari karbohidrat ini bisa memberikan sumber energi bagi induk dan sebagai bekal pertumbuhan dan perkembangan dari calon janin yang dikandungnya.

Apabila Anda ingin memberikan kucing kandungan karbohidrat, Anda bisa memberikan makanan berupa nasi, jagung, maupun gandum sebagai sumber karbohidrat yang baik. Jangan lupa haluskan makanan tersebut agar memudahkan kucing memakannya.

3. Mineral

Kandungan nutrisi ini apabila dikonsumsi oleh induk yang sedang hamil, dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan calon janin. Terutama dalam proses pembentukan tulang dan giginya agar menjadi lebih kuat. Selain itu juga, mineral ini dapat menjaga metabolisme tubuh induk dan janin. Salah satu bentuk mineral ini adalah kalsium, fosfor, kalium, magnesium, natrium klorida, zat besi maupun selenium.

4. Asam Lemak Esensial

Kandungan asam lemak ini selain bisa menjaga kesehatan badan kucing, juga membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi kucing. Makanan yang mengandung nutrisi ini sangat baik Anda berikan pada kucing yang sedang hamil terlebih lagi apabila setelah melahirkan. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan keadaan kucing setidaknya sebulan sekali.

5. Vitamin

Nutrisi lainnya yang dibutuhkan kucing adalah berupa vitamin. Kegunaan dari pemberian vitamin ini untuk menjaga pertumbuhan tulang kucing terutama pada janin dan metabolisme tubuh induk dan janin. Selain itu, fungsi dari memberikan kucing vitamin ini adalah menjaga penglihatan kucing agar tetap terjaga dengan baik.

Apabila Anda hendak memberikan makanan kucing dengan kandungan vitamin, Anda bisa menemukannya pada hati, ginjal, ragi maupun gandum yang terkenal juga kaya akan vitamin. Berikan nutrisi vitamin ini sesuai dengan kebutuhan kucing dan perhatikan juga takaran pemberiannya.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang ada pada makanan kucing hamil yang harus Anda perhatikan. Perhatikan juga mengenai kebersihan tubuh kucing dan perhatikan kebersihan lingkungan kucing berada. Bersihkan tempat kotoran agar sistem reproduksi kucing lebih terjaga. Jika perlu, bawalah kucing peliharaan Anda pada tempat perawatan hewan untuk mengecek kondisi kesehatannya.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail