Menu Diet Keto

Ini Dia Beberapa Jenis Makanan yang Bisa Dimasukkan dalam Menu Diet Keto Anda

Memiliki berat badan berlebih tak jarang menimbulkan berbagai permasalahan yang tidak sedikit. Sebut saja dari segi kesehatan misalnya, memiliki berat badan berlebih atau kegemukan sangat rentan sekali mengalami berbagai penyakit berbahaya. Sedangkan jika dilihat dari segi penampilan, mengalami kegemukan tak jarang juga bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Belum lagi untuk urusan pakaian juga terbilang cukup susah untuk mendapatkan ukuran yang pas atau sesuai. Karena berbagai permasalahan yang ditimbulkannya inilah, beberapa orang yang mengalami kegemukan berusaha menurunkan berat badannya dengan cara diet. Sebenarnya banyak sekali jenis diet, salah satu yang paling banyak diminati saat ini adalah diet keto. Kunci diet yang satu ini terletak pada cara mengatur menu diet keto itu sendiri.

Bagi yang belum tahu, diet keto merupakan diet yang mengutamakan menu yang rendah karbo, namun tinggi akan lemak. Biasanya pelaku diet keto akan membatasi asupan karbohidrat harian yang masuk ke dalam tubuh hanya sebesar 20-50 gram saja. Meskipun sekilas terdengar mustahil mengingat orang Indonesia yang hampir setiap harinya mengkonsumsi karbohidrat, seperti dari nasi, roti, dlsb, namun nyatanya banyak yang sudah berhasil menjalankan diet keto dengan mencoba mengurangi jumlah asupan karbohidrat.

Bahkan untuk mendukung diet keto yang dijalankan, ada banyak sekali jenis makanan pengganti karbohidrat yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Terutama untuk makanan yang kaya akan protein, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Adapun beberapa makanan yang bisa dimasukkan dalam daftar menu untuk diet keto Anda, antara lain sebagai berikut:

  • Telur.

Telur merupakan sumber protein dan lemak hewani yang menyehatkan jika dikonsumsi oleh tubuh, bahkan juga sangat bagus untuk membantu program diet keto Anda. Untuk menggunakan telur sebagai menu harian dalam diet keto Anda, sebaiknya olah telur dengan cara direbus.

  • Alpukat.

Buah yang satu ini sangat terkenal mengandung lemak sehat, serat, dan kalium. Selain itu, alpukat juga lebih rendah gula. Bagus dikonsumsi untuk menjaga kadar gula dalam tubuh, nyatanya buah alpukat juga bagus sebagai menu untuk diet keto sebagai sarapan maupun snack di siang hari.

  • Sayuran hijau.

Makanan selanjutnya yang bisa dimasukkan dalam menu harian diet keto Anda adalah sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi, selada air, daun singkong, daun pepaya, kol, dan masih banyak lagi. Sayuran hijau sangat kaya akan serat, lebih rendah kalori dan bisa menstabilkan kadar gula darah, sehingga sangat bagus sebagai makanan diet keto Anda.

  • Keju.

Keju merupakan bahan makanan yang rendah gula, namun tinggi akan protein, lemak, dan kalsium. Sehingga keju bisa dijadikan makanan yang tepat untuk diet keto Anda. Anda bisa mengkonsumsi keju pada siang hari maupun sore hari.

  • Ikan.

Memiliki protein yang tinggi dan lemak yang sehat, menjadikan ikan sangat cocok sebagai menu untuk diet keto Anda. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis ikan segar, seperti tuna, tongkol, salmon, udang, sarden, dll. Untuk pengolahannya sebaiknya dengan cara mengukus atau dengan menggoreng menggunakan minyak zaitun.

  • Tahu tempe.

Makanan selanjutnya yang bisa dimasukkan dalam menu diet keto Anda adalah tahu dan tempe. Karena seperti yang kita ketahui, makanan yang terbuat dari kedelai ini sangat kaya akan protein, serat, rendah kalori, dan rendah gula. Untuk cara pengolahan yang tepat bisa dengan dikukus, direbus, atau dimakan secara langsung.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail