Ini Dia 5 Varian dari Kopi Cappuccino

Ini Dia 5 Varian dari Kopi Cappuccino

Salah satu minuman kopi saat menghabiskan waktu bersama teman di cafe adalah cappuccino. Minuman yang satu ini sudah sangat terkenal hingga ada beberapa produsen minuman kopi membuatnya secara instan. Tapi, tahukah Anda bahwasannya minuman yang satu ini pada dasarnya memiliki varian? Simak informasi berikut ini.

1. Traditional Cappuccino

Pada dasarnya komposisi pembuatan minuman kopi cappucino terdiri dari ekstrak kopi espresso, steamed milk dan buih susu atau foam. Biasanya perbandingan dari ketiga komposisi tersebut sama rata, yaitu sepertiga. Sedangkan cara menyajikan foamnya yang terkadang berbeda. Ada yang menuangkannya langsung dari gelas susu, ada juga yang menuangkannya melalui teknik spooning.

2. Cappuccino Chiaro

Minuman kopi yang satu ini bisa juga disebut sebagai white cappuccino. Apabila pada jenis minuman traditional cappuccino memiliki komposisi yang sama rata yaitu sepertiga dari espresso, steamed milk dan juga foam, beda dengan minuman satu ini. Bedanya terletak pada kandungan steamed milk yang sedikit lebih banyak dari traditional cappuccino.

Selain itu juga terletak pada kandungan foam yang terlihat lebih sedikit. Namun, Anda jangan mengira kalau minuman ini adalah minuman latte. Jika dibandingkan dengan latte, perbandingannya terletak pada foamnya. Yaitu foam latte lebih banyak dibandingkan dengan cappuccino chiaro.

3. Cappuccino Scuro

Jika sebelumnya ada istilah white cappuccino, maka minuman yang satu ini memiliki nama lain sebagai dark cappuccino. Memang sekilas terlihat bertolak belakang namun memiliki kemiripan. Minuman yang satu ini memiliki komposisi yang sama layaknya cappuccino, yaitu terdiri dari kopi espresso, steamed milk dan juga foam. Namun, yang membedakan adalah komposisinya.

Pada minuman cappuccino scuro ini kandungan steamed milk lebih sedikit jika dibandingkan dengan cappuccino chiaro. Namun, memiliki kandungan foam dari minuman ini lebih banyak. Pada umumnya minuman ini lebih disukai oleh orang-orang yang menyukai dari rasa pahit kopi, tapi masih belum terbiasa dengan pahitnya kopi espresso. Oleh karena itu, dengan adanya foam yang sedikit lebih tebal, Anda masih bisa merasakan gurihnya kopi.

4. Cappuccino Freddo

Apabila ketiga jenis kopi sebelumnya, pada umumnya disajikan panas, beda dengan minuman yang satu ini. Cappuccino freddo ini lebih umum disajikan dingin. Minuman ini adalah versi berlawanannya dari traditional cappuccino.

Komposisi yang digunakan pun juga sama. Yaitu terdiri sepertiga dari espresso, steamed milk dan juga foam. Selain itu, yang menjadi pembeda dari traditional cappuccino adalah beberapa tempat menyediakan minuman ini dengan foam sudah dalam keadaan dingin.

5. Flavored Cappuccino

Pada minuman yang satu ini Anda bisa merasakan berbagai macam campuran dari rasa kopi, susu, maupun tambahan bahan lainnya. Pasalnya, pada minuman yang satu ini, bisa ditambahkan  dengan rasa mocha, vanilla, caramel, mint, cocoa, bahkan tambahan gula di atas foam. Sekalipun komposisinya sama dengan traditional cappuccino, tinggal Anda yang menentukan tambahan rasa lainnya.

Itulah beberapa varian dari minuman cappuccino yang bisa Anda rasakan. Tinggal Anda mau minta rasa seperti apa pada barista. Anda pun juga bisa mencoba berbagai varian ini di rumah sendiri. Jika Anda memiliki mesin di rumah, silakan dikreasikan sesuka hati dan sesuai kebutuhan.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail