Demi Keuangan Sehat, Hindari 2 Hal Ini di Tahun 2020

Demi Keuangan Sehat, Hindari 2 Hal Ini di Tahun 2020

Salah satu resolusi keuangan 2020 yang perlu dipertimbangkan adalah menjadikan keuangan pribadi atau keluarga menjadi lebih sehat sekalipun terpaksa harus pinjam dana untuk kebutuhan darurat.

Ada cara pandang yang harus diubah dalam mengelola pinjaman. Dua hal berikut inilah yang paling krusial demi tercapainya keuangan yang lebih sehat.

  1. Mengajukan Pinjaman dengan Bunga Tinggi

Banyak orang berpikir bahwa pinjaman tidak masalah selama tidak melebihi sepertiga dari penghasilan. Cara pandang seperti ini tidak sepenuhnya salah. Namun, tetap harus diubah. Rasio keuangan yang aman memang membolehkan pinjam dana dari lembaga manapun, tetapi yang paling penting sebenarnya adalah memprioritaskan pinjaman dengan bunga rendah.

Oleh karena itu, hindari pinjam dana dengan bunga yang tinggi. Bandingkan antara perusahaan yang satu dengan yang lain soal produk pinjamannya. Termasuk jika kita ingin mengajukan kartu kredit.

Begitu pula dengan resolusi keuangan yang lebih sehat bukan dengan cara membayar utang dengan jumlah paling tinggi melainkan utang dengan suku bunga yang lebih tinggi dulu, barulah membayar utang yang tingkat bunganya paling rendah. Hal itu dilakukan jika ada dua jenis pinjaman yang sedang berjalan.

  1. Memilih Tenor Pinjaman Paling Lama

Rencana keuangan kerap kali diabaikan dalam merencanakan pinjaman. Terkadang, demi mendapatkan cicilan yang ringan sehingga memilih tenor pinjaman yang paling panjang. Sekalipun hal tersebut memang lebih fleksibel, tetapi justru tidak baik bagi kondisi keuangan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, mulailah merencanakan pinjaman dengan lebih hati-hati. Pilih tenor yang paling singkat dengan bunga paling rendah. Bahkan beberapa fintech menawarkan pinjaman tanpa bunga dengan tenor pembayaran hanya dalam waktu 1 bulan atau 30 hari. Cara kerjanya memang hampir sama dengan kartu kredit biasa.

Disinilah peran kita dalam merencanakan keuangan termasuk di dalamnya merencanakan pinjaman. Hindari memilih tenor pinjaman dengan periode cicilan paling panjang agar alokasi dana bisa dimanfaatkan seefisien mungkin baik itu untuk investasi, proteksi, maupun untuk tabungan.

Tidak perlu repot mencari fintech yang punya bunga rendah dengan pilihan tenor yang singkat. Salah satunya adalah Kredivo. Enaknya lagi, Kredivo tidak hanya bisa digunakan untuk belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam waktu 3 hari, tetapi juga menawarkan pinjaman mini dan pinjaman jumbo yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kredivo sudah terdaftar secara legal dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kredivo bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah.

Syarat Pendaftaran Kredit Online Lewat Kredivo

Mau pinjam dana lewat Kredivo? Daftar dulu dengan memenuhi persyaratan wajib berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Penuhi dulu prasyarat tersebut, agar bisa mendapatkan kemudahan dalam proses persetujuan permohonan pinjaman dana lewat Kredivo.

Kredit limit yang diberikan Kredivo hingga Rp30 juta sesuai dengan kondisi keuangan calon debitur. Semakin besar kredit limit yang diberikan, semakin banyak layanan yang bisa dimanfaatkan seperti bayar berbagai tagihan dalam satu akun, belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam 30 hari, hingga pinjaman jumbo dan pinjaman mini mulai dari Rp500.

Pilihan tenor sangat bervariasi mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Sementara jika digunakan untuk belanja online, periode cicilannya bisa hingga 12 bulan. Informasi tenor dapat diketahui lewat aplikasi Kredivo. Malahan ada simulasi pembayaran saat akan ingin pinjam dana atau untuk belanja online.

Untuk bunga pinjaman maupun belanja online yaitu 2.95 % per bulan. Sementara untuk pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total pinjaman. Misalnya jika meminjam Rp1 juta, akan dipotong di muka sebesar Rp60 ribu. Sehingga dana yang akan ditransfer sebesar Rp960 ribu.

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan resolusi keuangan yang lebih sehat di tahun 2020. Jika ada kebutuhan mendesak dengan memanfaatkan pinjaman online, pahami cara kerjanya, bunga, admin, serta tenornya. Fintech yang terdaftar di OJK harus memberikan informasi secara transparan kepada calon debiturnya.

Tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan Kredivo? Unduh saja aplikasi resminya, lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail