Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Tips Perawatannya

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Tips Perawatannya

Rambut rontok adalah persoalan yang sering dialami setiap orang dan menjadi masalah penampilan, terutama perempuan. Jika dibiarkan, kondisinya bisa makin parah. Anda perlu solusi tepat untuk menanganinya. Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami adalah langkah tepat. Dengan tips perawatan khusus, Anda juga bisa mengembalikan rambut hitam dan lebat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Persoalan rambut rontok yang mengganggu dan merusak penampilan bisa diatasi dengan aneka bahan alami. Treatment dengan bahan alami sangat dibutuhkan untuk mengatasi kerontokan tanpa efek samping. Bahan alami tersebut juga mudah diperoleh dan mudah dibuat, sehingga Anda tak perlu repot.

Lidah buaya atau aloevera sudah terkenal sebagai bahan alami untuk merawat dan mengatasi beragam persoalan rambut, termasuk rambut rontok. Sejak dulu, lidah buaya dipercaya berkhasiat menjadikan rambut lebih kuat dan membantu mengurangi kerontokan. Caranya adalah oleskan pasta lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan 15-20 menit sebelum keramas.

Teh hijau yang berasal dari Jepang juga punya zat antioksidan tinggi, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi, khasiatnya tak hanya mengurangi rambut rontok, namun juga memicu pertumbuhan rambut. Cara pakainya mudah yaitu seduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat. Setelah jadi, aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas bersih.

Masker telur juga bisa mengatasi rambut rontok. Khasiatnya ampuh mengurangi rambut rontok karena kandungan zat sulfur di dalamnya. Yoghurt sebagai olahan susu yang difermentasi juga bisa mengatasi rambut rontok. Khasiatnya mampu mengurangi rambut rontok serta memicu pertumbuhan rambut yang lebat dan kuat.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami lainnya bisa menggunakan masker pisang yang menjadikan rambut kuat dan bersinar. Buah jambu biji yang kaya vitamin juga bisa dijadikan masker penumbuh rambut. Alpukat juga bisa diaplikasikan sebagai masker rambut. Santan kelapa juga mencegah kerontokan. Campuran bawang dan madu juga efektif mengurangi rambut rontok.

Tips Merawat Rambut Rontok

Setelah mengetahui beragam bahan alami yang mengatasi rambut rontok, Anda perlu memahami bagaimana upaya perawatan rambut yang tepat. Di samping melakukan treatment mengatasi rambut rontok, diperlukan tindakan efektif untuk menyehatkan rambut. Agar rambut bebas rontok, pijatlah kulit kepala dengan minyak kelapa, minyak almond, atau minyak wijen secara teratur.

Menyisir rambut saat basah juga harus dihindari karena memicu kerontokan rambut lebih banyak. Rambut yang menjadi lemah karena basah akan mudah rontok jika disisir. Anda juga harus mengurangi pemakaian hair dryer karena dapat membuat rambut kering dan melemahkan folikel. Penambahan konsumsi makanan bergizi juga harus dilakukan sebagai perawatan internal.

Dari segi psikis, jangan sampai Anda stres berlebihan karena akan menyebabkan rambut rontok. Tidur yang cukup juga harus dilakukan agar mengurangi tingkat stres yang memicu kerontokan rambut. Tidurlah sekitar 7-8 jam sehari.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami tidak menimbulkan efek samping. lakukan dengan cara yang benar dan teratur. Anda harus telaten dalam melakukan treatment rambut rontok ini, terlebih jika sudah parah, seperti anjuran di situs parenting.orami.co.id. Setelah menggunakan bahan alami, tips perawatan untuk menjaga kesehatan rambut yang sempat rontok juga perlu.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail