Cara Mencegah Jantung Koroner, Hindari Kebiasaan Berikut

Cara Mencegah Jantung Koroner, Hindari Kebiasaan Berikut

Salah satu jenis penyakit jantung fatal adalah penyakit jantung iskemik (PJK). Selain mengancam jiwa, penyakit jantung yang satu ini juga merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung. Karena itu, daripada mengobati dan mengatasi penyakit jantung koroner, lebih baik menerapkan cara mencegah jantung koroner.

Kunci untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah menjalani gaya hidup sehat. Alasannya adalah dengan hidup lebih sehat, Anda dapat menjaga tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah dalam batas normal. Ini berarti Anda mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Hindari Merokok

Salah satu hal utama yang perlu Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah berhenti merokok. Zat kimia dalam rokok tentu bisa merusak jantung dan pembuluh darah Anda. Selain itu, asap rokok juga dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Dan juga zat kimia rokok dapat membuat detak jantung semakin cepat karena jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Karena itu, berhentilah merokok karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.  Bahkan jika Anda bukan perokok, hindari paparan asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif.

2. Hindari Minum alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menambah kalori ekstra di dalam tubuh, yang bisa menambah berat badan. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Untuk mencegah penyakit ini, Anda harus membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Jika Anda seorang pria, jangan minum alkohol lebih dari 2 gelas sehari. Sementara itu, jika Anda seorang wanita, minumlah tidak lebih dari 1 gelas sehari. Namun akan lebih baik jika Anda berhenti minum-minuman yang mengandung alkohol. Karena memang tidak ada manfaatnya mengonsumsi minuman beralkohol.

3. Jaga Pola Tidur

Siapa bilang tidur tidak penting untuk kesehatan jantung? Anda perlu tahu apakah orang yang kurang tidur lebih mungkin mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Jadi setiap orang membutuhkan kualitas tidur yang baik, untuk tetap menjaga kesehatan jantung.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap hari. Atur jadwal tidur Anda dan patuhi kapan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Buat suasana nyaman, untuk membuat tidur lebih mudah. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak berlebihan dalam tidur, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Cara mencegah jantung koroner selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Jika memang tidak sempat karena pekerjaan yang sangat padat, pastikan di akhir pekan Anda meluangkan waktu untuk olahraga. Selain untuk menyegarkan pikiran, tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail