Berikut Ini Tips Membeli Barang Secara Online Supaya Tidak Kena Tipu

Berikut Ini Tips Membeli Barang Secara Online Supaya Tidak Kena Tipu

Seperti yang diketahui pada jaman modern ini, hampir semua  aktivitas manusia bisa dilakukan secara online termasuk untuk membeli sesuatu. Dengan banyak munculnya toko online /e-commerce aktivitas belanja mayarakat menjadi semakin mudah dan cepat. Karena dengan berbelanja secara online, anda tidak perlu lagi cape-cape keluar rumah karena bisa dilakukan dilakukan di dalam rumah dengan menggunakan smartphone yang dimiliki.

Namun ada beberapa oknum toko online yang memanfaatkan belanja online ini dengan cara penipuan. Hal ini bisa dilihat dengan masih banyak terjadinya kasus penipuan nline, mulai dari perbedaan kualitas barang dari yang dipajang dengan yang dikirim, barang yang diterima berbeda, hingga barang bermerek yang ternyata KW alias palsu. Lalu bagaimana cara untuk menghindari penipuan saat belanja online tersebut? oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang tips membeli parfum secara online supaya tidak kena tipu sebagai berikut :

  1. Cek Nama Toko dan Tampilan Website

Pada saat anda akan membeli suatu produk secara online, pastikan bahwa toko online e-commerce tersebut sangat kredibel dan terpercaya. Untuk mengetahui ciri toko terpercaya tersebut, anda bisa melakukan searching engine seperti di Google. Dengan hasil pencarian tersebut akan menunjukkan reputasi toko online, ulasan dari pembeli dan informasi-informasi lainnya. Dan biasanya toko online yang terpercaya akan langsung muncul di halaman pertama. Cara lainnya adalah dengan melihat apakah website tersebut dibuat melalui hosting gratis atau berbayar. Biasanya toko online yang terpercaya akan memiliki alamat domain sendiri. Sedangkan ciri hosting yang gratis selalu dibarengi dengan alamat domain pemberi hosting, contohnya www.tokobangkrut.blogspot.com. Toko-toko seperti ini biasanya akan menjual barang-barang yang palsu, walaupun tidak selalu. Oleh karena itu, anda harus benar-benar yakin aman, maka anda bisa berbelanja.

  1. Ketahui Produk Yang Akan Dibeli

Dengan mngetahui terlebih dahulu produk yang akan anda beli adalah merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menghindari penipuan. Dalam hal ini, anda bisa cari tahu dulu berapa harga pasaran produk tersebut. Atau selalu bandingkan harga terlebih dahulu sebelum membelinya. Langkah berikutnya, anda pelajari spesifikasi produk tersebut, terutama untuk produk elektronik. Kalu mau anda bisa hubungi toko online tersebut melalui kontak yang telah mereka sediakan. Selain itu, selalu tanyakan sedetail mungkin, dan jika pihak toko online tersebut dirasa tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, bisa jadi toko online tersebut tidak bisa dipercaya dan patut dicurigai.

Bukan hanya itu, anda juga harus mengetahui apakah produk tersebut memang dijual di Indonesia atau tidak. Karena ada beberapa toko online yang menjual produk impor secara langsung, sebagai reseller dari merek-merek tertentu, yang tidak dijual di toko offline. Biasanya harga produk tersebut akan lebih mahal karena ada biaya cukai untuk barang yang masuk secara resmi melalui distributor resmi. Maka dari itu, anda cek dengan teliti sebelum membelinya, jangan sampai membeli produk-produk black market yang masuk secara ilegal.

Toko Online

  1. Harga Terlalu Murah

Perlu diketahui bahwa produk bermerek yang asli memiliki harga yang tidak murah, namun tetap dalam batasan harga di atas standar. Memang ada produk bermerek asli yang dijual lebih murah, yakni produk stok lama atau second hand alias barang bekas. Walaupun begitu masih ada saja beberapa oknum toko online yang curang dengan menjual barang-barang yang tidak sesuai dengan deskripsi pada websitenya. Misalnya ada toko online yang menjual produk kosmetik terkenal dengan harga yang cukup murah, jauh dibawah harga pasaran. Dan setelah diterima oleh konsumen, ternyata produk kosmetik tersebut bukan produk yang terpajang pada websitenya, melainkan hanya sample yang biasa dibagikan secara gratis pada masa-masa promosi atau event—event tertentu.

  1. Baca Testimoni Pembeli

Walaupun tidak bisa dijadikan jaminan, namun membaca testimoni para pembeli sebelumnya juga sangat penting untuk anda perhatikan saat membeli suatu produk. Konsumen yang merasa kecewa mendapatkan barang yang palsu biasanya akan menulis ulasan dan rating yang tidak baik untuk toko online tersebut. begitu juga sebaliknya, jika produk yang diterimanya sesuai dengan yang diharapkan, maka testimoni yang diberikan akan baik pula.

  1. Pilih COD (Cash on Delivery)

COD ini merupakan pilihan transaksi yang paling baik untuk menghindari penipuan. Dimana dalam metode ini akan memberikan pilihan kepada penjual dan pembeli untuk bertemu secara langsung pada tempat yang telah disetujui untuk melakukan transaksi. Penjual akan mendapatkan uang cash, sedangkan pembeli bisa memeriksa barang yang dibelinya itu secara langsung.

  1. Marketplace Platform

Belanja di marketplace bisa menjadi salah satu cara untuk belanja secara online yang aman. Marketplace seperti iLOTTE.com merupakan salah satu contoh dari sekian banyaknya marketplace di Indonesia saat ini. Dimana platform seperti ini akan menawarkan metode pembayaran yang aman, dimana uang yang telah dibayarkan, baru akan diberikan kepada toko penjual jika barang yang sudah diterima sesuai dengan yang dipesan. Dalam hal ini, marketplace tidak secara langsung memonitor setiap transaksi jual beli yang terjadi pada situs mereka, namun dengan sistem yang sangat bagus kemanan baik untuk pembeli maupun penjualnya sendiri lebih terjamin. Tentunya hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah barang palsu dijual sebagai barang asli. Lain halnya jika pada deskripsinya jelas-jelas disebutkan kalau produk-produk yang mereka jual adalah tiruan.

  1. Foto Produk Asli

Dalam hal ini, toko online yang terpercaya dan menjual barang atau produk yang asli akan mencantumkan foto produk tersebut dengan kualitas yang baik. Foto yang ditampilkan biasanya diambil untuk memperlihatkan fitur-fitur serta tampilan produknya setelah dibuka dari kemasannya. Bahkan beberapa toko online juga terkadang memajang foto yang mereka ambil dari website resmi poduk tersebut, dan jika diminta untuk menunjukkan foto yang aslinya, mereka akan menunjukkannya. Namun jika foto produk yang ditampilkan tersebut memiliki resolusi yang kecil dan tidak bisa dilihat dengan jelas, dan pihak penjual menolak untuk mengirimkan foto aslinya dengan berbagai alasan, maka toko online ini patut anda curigai dan segera tinggalkan toko online tersebut untuk membatalkan transaksi.

  1. Lihat Kontak Toko Online

Tentunya setiap toko online itu akan memiliki layanan customer service. Dimana mereka akan mencantumkan alamat, nomor telepon serta email. Oleh karena itu, pastikan anda untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. karena toko online yang abal-abal yang menjual produk-produk palsu tentunya tidak ingin keberadaannya diketahui oleh konsumen, sehingga biasanya mereka menampilkan nama toko, alamat, dan kontak fiktif yang tidak bisa dihubungi.

Itulah beberapa tips membeli barang secara online supaya tidak kena tipu, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail