Begini Cara Optimalkan Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

Begini Cara Optimalkan Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

Setiap fase perkembangan anak adalah satu hal yang membanggakan hati orang tua. Secara umum anak yang mulai menginjak usia 4-5 tahun, perkembangannya berjalan semakin pesat. Jika asupan gizi dan stimulasi yang diterima oleh anak sudah cukup, begini cara lain optimalkan perkembangan anak usia 4 tahun.

    1. Perkembangan Motorik Kasar

Meskipun usia anak sudah mulai beranjak besar tetapi stimulasi tetap perlu dilanjutkan. Pastinya tingkat kesulitan stimulasi perlu disesuaikan dengan kemampuan anak. Untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak usia 4 tahun ibu dapat mulai dengan mengajak anak bergerak melalui berbagai permainan.

Beberapa permainan sederhana  bisa ibu lakukan bersama anak untuk menunjang perkembangan motorik kasarnya. Seperti lompat karung, ibu cukup menyiapkan karung atau kain sarung yang cukup lebar untuk menutup bagian bawah tubuh dan kedua kaki Si Kecil.

Selanjutnya tunjukkan pada Si Kecil cara memakai karung atau sarung dan contohkan bagaimana aktivitas ini dilakukan. Ajarkan anak untuk mencapai targetnya yaitu Si Kecil bisa sampai garis akhir.

Selain itu ibu juga bisa mengajak anak bermain bola, melompat dengan satu kaki, berjalan di atas papan sempit untuk melatih keseimbangan tubuh, berayun, dan banyak permainan lainnya lagi yang bisa ibu coba.

    1. Perkembangan Motorik Halus

Sementara untuk menunjang perkembangan motorik halus, ibu dapat memperkenalkan Si Kecil  pada permainan puzzle, ajarkan pada anak Si Kecil bagaimana menyatukan beberapa bagian puzzle menjadi satu bagian. Ibu juga dapat ajarkan anak menggambar, mulai dengan bentuk-bentuk sederhana seperti baju dan pohon.

Perkenalkan anak kepada angka, ibu bisa membuat satu set kartu angka satu hingga sepuluh dan minta anak untuk menghitungnya.  Aktivitas semacamnya bisa ibu ajarkan kepada anak  agar perkembangan motorik halus Si Kecil terstimulasi maksimal.

    1. Perkembangan Bahasa dan Bicara

Pancing anak untuk menceritakan apa yang ia lihat dan dengar. Ibu juga bisa melempar pertanyaan yang akan menstimulasi anak untuk menjawab dan juga memberikan umpan balik berupa pertanyaan lanjutan.

Aktivitas seru lainnya yang bisa ibu lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa dan bicara anak pada usia ini adalah dengan mengajak Si Kecil membaca buku bersama-sama. Ibu perlu membatasi durasi menonton televisi dua jam sehari dalam perkembangan anak di usia ini.

Sesuaikan tontonan dengan usia dan dampingi Si Kecil ketika ia melakukan aktivitas ini. Bantu Si Kecil untuk mengenal huruf dan simbol, ajari ia mengenali tanda-tanda di sepanjang jalan.

    1. Perkembangan Sosialisasi dan Kemandirian

Beberapa kegiatan bisa ibu lakukan bersama Si Kecil untuk menunjang dan mengoptimalkan sosialisasi dan kemandiriannya. Biarkan anak bermain dengan teman sebayanya sebagai upaya membangun sikap mandirinya. Selain itu ibu juga bisa memberikan  tugas-tugas kecil secara rutin untuk Si Kecil dalam kegiatan sehari-hari di rumah.

Tidak sulit, bukan? Meski anak semakin beranjak besar ibu tetap perlu memberikan stimulasi sebagai upaya mewujudkan perkembangan anak usia 4 tahun yang optimal. Anak yang sehat dan cerdas menjadi kebahagiaan orang tua tentunya.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail