Minum dengan Botol Dot

Apakah Anak yang Kecanduan Minum dengan Botol Dot Berbahaya? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Botol susu sering kali menjadi alat bantu untuk si kecil bisa, karena dilengkapi dot sebagai perantara minum. Bahkan ada juga ibu yang memilih botol susu untuk menampung ASI yang terus keluar. Menggunakan benda ini tidak akan membahayakan anak, selagi di sterilkan dengan Sleek Baby pembersih botol.

Cara Mudah untuk Memisahkan Anak Dari Botol Susu

Penggunaan botol susu secara terus-menerus nyatanya bisa memberikan efek yang kurang baik untuk anak. Salah satunya bisa merusak gigi, karena sering digunakan untuk menggigit dot pada botol. Namun, para ibu tak usah khawatir memikirkan cara agar anak bisa terpisah dari botolnya. Yuk simak saja penjelasan berikut ini.

  1. Sembunyikan botol susunya

Jika si kecil sudah terlalu lama kecanduan dengan botol susu maka akan sedikit sulit untuk membujuknya agar berhenti. Dengan menyembunyikan botol kesayangannya, saat anak merengek minta minum bisa dilakukan.

Hanya saja, anak akan sedikit rewel di hari pertamanya, dan butuh waktu untuk menerimanya. Namun, secara perlahan si kecil akan mulai lupa dan bisa terbebas untuk tidak menggunakan botol susu lagi.

  1. Mengganti botol dengan cangkir bayi

Alternatif lain yang bisa dicoba adalah mengganti botol dengan cangkir bayi. Benda ini sangat cocok, karena sama-sama bisa menampung minuman untuk si kecil dan memiliki desain khusus yang akan memudahkannya ketika hendak minum.

Bahkan cangkir ini juga dilengkapi dengan corong kecil yang bisa menggantikan dot anak pada botol susunya. Meskipun berbeda bentuk, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan sabun untuk mencucinya.

Mengingat jika yang memakai cangkir tersebut adalah anak kecil, maka kebersihan dan keamanan sabun juga menjadi hal yang penting. Untuk mendapatkan sabun yang aman coba gunakan produk dari Sleek Baby pembersih botol.

Karena hanya Sleek Baby lah yang bisa memenuhi kebutuhan anak tanpa takut jika bahannya kurang aman. Tak masalah jika seharusnya dipakai untuk botol, karena pada kenyataannya sabun ini bisa digunakan untuk mensterilkan barang-barang anak, seperti cangkir bayi.

  1. Berikan apresiasi berupa pujian jika anak berhasil

Si kecil akan merasa bahagia jika sang ibu memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukannya. Sekalipun itu hanya sebuah pujian, jika anak berhasil melepas ketergantungan memakai botol susu di hari pertamanya.

Cara ini juga dapat memicu semangatnya untuk berusaha lebih keras agar tidak menanyakan botol susunya lagi. Dengan begitu anak akan lebih mudah untuk melupakan botol yang sering digunakannya dan bisa terlepas dari kebiasaan itu dengan sendirinya.

  1. Isi cangkir dengan minuman yang menarik perhatiannya

Rasa keingintahuan anak jauh lebih besar daripada orang dewasa. Biasanya jika melihat sesuatu yang menarik perhatiannya anak akan langsung menunjukkan reaksi ketertarikannya. Nah dengan begitu hal ini bisa dimanfaatkan oleh ibu agar mengisi cangkir bayinya dengan minuman lain.

Ada beberapa minuman yang bisa menjadi pilihan untuk ibu, yakni air putih, teh, jus, dll. Usahakan memberikan minuman yang memiliki manfaat baik bagi tubuh anak. Jangan sembarangan untuk memilih  agar tidak terjadi sesuatu yang buruk pada buah hati.

Itulah tadi penjelasan dari cara membuat anak bisa lepas dari botol susu yang sering dipakainya untuk perantara minum. Meskipun anak tak lagi menggunakannya, namun ibu masih bisa memakai Sleek Baby pembersih botol untuk membersihkan wadah makan dan minuman si kecil yang lainnya.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail