Kebutuhan Nutrisi untuk Sarapan Pagi Buat Anak

5 Kebutuhan Nutrisi untuk Sarapan Pagi Buat Anak

Sarapan adalah kebutuhan yang penting dan harus dipenuhi sebelum anak beraktivitas. Terutama untuk anak yang begitu aktif. Sarapan ini bisa membantu memberikan asupan gizi agar anak tidak terlalu kehabisan tenaga. Berikut ini ada beberapa kebutuhan nutrisi yang harus ada pada sarapan pagi buat anak sebelum melakukan berbagai macam aktivitas.

1. Karbohidrat

Kebutuhan nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk tubuh. Pasalnya, tubuh membutuhkan kandungan nutrisi ini untuk dijadikan sumber energi terutama untuk otak. Kandungan karbohidrat nantinya dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa dan glukosa ini akan diolah menjadi energi.

Sebagai menu sarapan, Anda bisa mendapatkan makan yang mengandung karbohidrat ini dari nasi putih yang lebih banyak mengandung karbohidrat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi ini dari nasi merah, gandum atau oatmeal. Sekalipun selain nasi putih kandungan karbohidrat lebih sedikit, tidak akan mengurangi energi yang didapatkan. Selain itu juga mengonsumsi selain nasi putih juga bisa membuat kenyang lebih lama.

2. Protein

Nutrisi berikutnya yang dibutuhkan oleh tubuh saat sarapan adalah protein. Protein ini bisa memberikan nutrisi sebagai pelengkap maupun pengganti karbohidrat. Pada anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, kebutuhan nutrisi berupa protein ini bisa membantu dan mendukung proses perkembangannya. Anda bisa mendapatkan kebutuhan nutrisi ini pada daging sapi, daging ayam, ikan, susu, sayur bayam dan juga telur rebus.

3. Lemak

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwasannya lemak adalah nutrisi yang harus dihindari karena dapat menyebabkan obesitas. Padahal tidak selamanya stigma seperti itu harus dielakkan. Lemak juga bisa menjadi nutrisi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah  melindungi organ dalam tubuh. Selain itu, lemak juga bisa membantu tubuh dalam menyerap vitamin. Pada saat musim dingin, bagian tubuh yang memiliki lemak juga bisa melindungi dari hawa dingin dan terhindarkan dari masuk angin.

Oleh karena itu, usahakan kebutuhan terhadap nutrisi lemak ini seimbang. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Lemak ini pun dibagi menjadi 2. Anda bisa mencukupi nutrisi dari lemak hewani dan dari lemak nabati.

Apabila Anda ingin mendapatkan lemak hewani, Anda bisa menemukannya pada ikan laut, daging dan sebagainya. Apabila Anda ingin mendapatkan asupan dari lemak nabati, Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, alpukat dan lainnya.

4. Vitamin

Berikutnya ada nutrisi berupa vitamin. Kebutuhan nutrisi ini bisa menjadi pelengkap asupan gizi anak. Misalnya saja vitamin A yang baik untuk membantu penglihatan mata anak. Terutama bagi anak yang selalu menggunakan gawai dalam kegiatannya sehari-hari. Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya dari berbagai macam penyakit. Vitamin E untuk menjaga kulitnya dan lain sebagainya untuk mendukung proses perkembangannya.

5. Mineral

Jangan lupakan dengan kandungan mineral. Salah satu fungsi dari mineral ini dapat mencegah beberapa kerusakan dalam tubuh  yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, mineral juga dapat mencegah dari dehidrasi tubuh. Pastikan dalam menu sarapan anak mengandung sayuran dan buah-buahan sebagai penetralisir berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa kebutuhan nutrisi yang baik untuk disajikan pada sarapan pagi buat anak. Anda juga bisa menyediakan kebutuhan nutrisi ini sebagai bekal pada saat anak berada di sekolah. Dengan begitu, anak tidak perlu lagi memakan makanan yang tercemar dan tidak bersih.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail