Diskon harbolnas

Trik Menahan Diri Agar Tidak Belanja Berlebihan Saat Diskon harbolnas Nanti

Tidak dapat dipungkiri jika belanja adalah aktivitas yang menyenangkan. Meski lelah dan capek, namun ketika bisa membawa pulang barang yang selama ini diinginkan tentu perasaan puas pun akan Anda dapatkan setelah berbelanja. Perasaan inilah yang menjadikan belanja begitu adiktif. Salah satu momen yang menjadikan hasrat belanja tak terbendung adalah ketika momen harbolnas Bagaimana tidak, di momen akbar ini semua barang di diskon dengan angka yang fantastis sehingga keinginan belanja ini dan itu tak bisa dibendung.

Apabila Anda punya pengalaman uang ludes setelah Diskon harbolnas, maka tentu Anda butuh trik tertentu sehingga bisa lebih menahan diri untuk belanja berlebihan di tahun ini. Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda coba terapkan:

  • Bedakan kebutuhan dan keinginan

Yang pertama adalah Anda harus bisa berpikir dengan logis. Bedakan dulu antara keuntungan dan keinginan. Kebutuhan adalah suatu hal yang harus dipenuhi, jika tidak maka resikonya akan fatal misalnya makan dan sandang yang wajib dipenuhi. Sedangkan keinginan jika tidak dipenuhi sebetulnya tidak ada efek sama sekali karena keinginan hanya ajang puas diri saja. Oleh karena itu, bedakan mana kebutuhan dan keinginan dan jadikan kebutuhan sebagai prioritas di atas keinginan.

  • Tanya kepada diri sendiri

Jika Anda menemukan satu produk tertentu yang dirasa ingin dibeli, berhentilah sejenak. Atur nafas Anda dan tanyakan dalam hati, apakah Anda butuh produk tersebut? Apa manfaat jika Anda membelinya? Apakah uang Anda mencukupi membeli barang ini? dan pertanyaan lainnya. Dengan berhenti sejenak dari hingar-bingar diskon, Anda akan bisa lebih menekan hasrat belanja yang kadang menggebu.

  • Hindari window shopping

Cara sebelumnya mungkin sedikit sulit karena para penggemar belanja pasti akan melihat semua barang yang di diskon saat Diskon harbolnas masuk dalam golongan kebutuhan. Oleh karena itu, lebih baik Anda hindari window shopping saja. Biasanya window shopping adalah pemicu dari belanja yang tidak terkontrol karena Anda melihat barang ini dan itu. Anda akan berfikir barang ini harus dibeli mumpung diskon, barang itu wajib dimiliki karena lucu, dan seterusnya. Jadi lebih baik hindari terlalu banyak window shopping dan hanya menuju ke toko yang Anda butuhkan saja.

  • Jangan belanja saat stres

Sudah bukan rahasia lagi jika belanja mampu membantu dalam melepaskan rasa penat dan stres. Tak heran supermarket hingga situs belanja online tiap harinya dipenuhi oleh konsumen yang sedang menghadapi tekanan. Hal ini lantaran jika Anda belanja saat penuh tekanan, maka kontrol diri cenderung hilang sehingga Anda justru akan terperangkap belanja sampai puas demi melepaskan semua rasa stres itu. Memang stres hilang sejenak, namun stres akan kembali datang karena tagihan kartu kredit Anda jadi bengkak.

  • Catat dan buat anggaran

Cobalah untuk mengatur keuangan pribadi Anda. Buatlah anggaran untuk masing-masing kebutuhan misalnya anggaran untuk keperluan bulanan, tabungan, investasi dan anggaran bersenang-senang. Selain itu selalu catat segala pengeluaran Anda setiap harinya sehingga pengeluaran bisa lebih terkontrol dan jelas kemana saja uang Anda lari.

Itulah beberapa cara untuk bisa menahan diri dari gempuran promo Diskon belanja. Sah-sah saja belanja saat hari belanja online spesial ini, namun Anda harus tetap memikirkan jangka panjangnya. Jangan sampai belanja hanya karena adanya diskon, karena ikut-ikutan, apalagi hanya karena produk itu lucu.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail