Tips Merawat Televisi di Rumah

Tips Merawat Televisi di Rumah

Tak hanya tubuh yang perlu dirawat dan dijaga. Barang-barang elektronik yang ada di rumah juga perlu Anda rawat agar bisa digunakan untuk waktu yang lama. Salah satunya yaitu televisi. Saat ini televisi perlahan-lahan mulai ditinggalkan terutama di kota-kota besar. Dengan perkembangan internet yang begitu pesat, kini masyarakat kota cenderung beralih ke internet, selain mudah diakses dimana-mana Anda juga bisa menonton TV dari hp Anda melalui internet. Oleh sebab itu masyarakat kota cenderung lebih memilih internet daripada menonton televisi.

Alhasil TV yang Anda beli dianggurin begitu saja di rumah, kemudian saat Anda mau menyalakannya malah rusak atau terdapat masalah. Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk memanggil tukang service TV atau bahkan membeli TV yang baru. Nah, untuk mencegah semua itu terjadi alangkah baiknya rawatlah TV Anda sebelum terlambat. Sayang bukan Anda sudah memiliki tv namun tidak digunakan? Lagipula dengan adanya televisi, Anda bisa menghabiskan waktu berkumpul bersama dengan keluarga di ruang tamu sambil menonton bersama. Apabila Anda merupakan orang yang sibuk, pakai liburan Anda untuk menonton televisi di rumah dengan keluarga. Sungguh menyenangkan bukan?

Berikut tips bagaimana cara merawat televisi Anda di rumah. Cara yang cukup mudah dan sederhana ini bisa anda praktekkan.

Letakkan TV pada Posisi yang Tepat

Letakkan TV Anda pada bidang yang datar. Jangan meletakkan tv di lokasi yang mudah terkena debu, sebab debu tersbeut dapat menutup lubang sirkulasi udara pada tv yang mengakibatkan suhu tv lebih panas. Sebaiknya gunakan meja atau taruh di tempat yang tinggi disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan juga meletakan tv di lantai, karena akan menyebabkan tv menjadi lembab, tentu hal ini mebahayakan mesin tv yang sensitif terhadap air dan bertegangan tinggi serta dapat membahayakan bagi anak-anak. Dengan meletakan tv di atas meja akan jauh lebih aman dari pengaruh magnet bumi.

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung & Benda Magnet

Menjauhkan TV dari sinar matahari langsung bertujuan agar layar pada TV Anda tidak mudah kusam akibat terkena sinar matahari secara langsung. Panas yang dihasilkan matahari mengandung radiasi yang dapat merusak layar LCD TV Anda. Sebaiknya jauhkan tv Anda dari sinar matahari langsung. Selain itu, hindari tv Anda berdekatan dengan benda yang mengandung medan magnet, karena medan magnet dapat mengganggu kinerja dari tv Anda. Benda yang memiliki medan magnet dapat menimbulkan distorsi pada kualitas gambar tv Anda. Alangkah baiknya jauhkan benda yang mengandung magnet seperti speaker aktif di dekat tv.

Matikann TV Saat Tidak Di Tonton

Televisi yang nyala terus menerus dapat membuat rangkaian didalamnya menjadi panas. Hal ini tentu akan membuat tv Anda mengalami kerusakan jika dinyalakan terus menerus. Semakin sering digunakan tampilan gambar pada tv Anda juga akan semakin meredup akibat lampu yang sudah tua. Oleh sebab itu jika tidak di tonton sebaiknya dimatikan saja, selain memperpanjang umur tv Anda, Anda juga bisa menghemat biaya listrik lho.

Bersihkan TV dengan Benar

Banyak yang beranggapan bahwa menutup tv dengan kain akan mengurangi debu yang menempel. Padahal hal ini justru akan membuat sirkulasi udara pada tv Anda jadi berkurang, sehingga timbullah masalah overheat atau kepanasan pada rangkaian tv Anda. Oleh karena itu, lebih baik jangan menutup tv Anda dengan menggunakan kain. Jika terlilhat debu yang menempel maka cepat dibersihkan, jangan menunggu berdebu sekali baru dibersihkan. Ada baiknya bersihkan tv Anda memakai cairan pembersih kacamata, kemudian lap dengan kain flannel atau kanebo. Lakukan hal ini pada Layar LCD TV Anda ya.

Service TV secara rutin

Selain Anda membershikan tv Anda di rumah secara rutin dari debu-debu yang menempel pada layar LCD dan body TV. Ada baiknya Anda juga melakukan service pada mesin tv Anda. Untuk membersihkan mesin pada tv Anda jangan dilakukan sendiri karena sangat berbahaya. Dalam tv terdapat tegangan tinggi yang masih aktif walaupun tv sudah dimatikan. Jika ada masalah dengan tv Anda, jangan pernah membongkar tv sendiri karena Anda bukan ahlinya, tentu hal ini sangat berbahaya. Oleh karena itu panggillah tukang service tv untuk membetulkannya. Untuk membersihkan mesin tv dianjurkan service tv setahun sekali. Tentu hal ini akan memperpanjang umur tv Anda.

Demikian tips cara merawat tv Anda di rumah agar awet dan berumur panjang. Semoga bermanfaat ya!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail