tips beli rumah agar tak tertipu developer

Tips Beli Rumah Agar Tak Tertipu Developer

Dalam dunia property, Anda tentu sering sekali mendengar kata developer. Developer merupakan sebutan untuk individu atau perusahaan yang bergerak di bisnis property sebagai pembangun dan pemasar property itu sendiri baik dalam skala besar maupun kecil. Nah, masyarakat yang berniat membeli rumah akan sangat diuntungkan dengan adanya jasa developer ini. Namun, pembelian melalui developer rumah ini juga memiliki risiko seperti penipuan yang akhirnya sangat merugikan konsumen. Tidak ingin Anda tertipu, berikut beberapa tips beli rumah agar tak tertipu developer.

  1. Lihat Reputasi Si Developer

Reputasi jelas menjadi hal utama yang harus dilihat dan dipertimbangkan. Logikanya, Anda tidak perlu terburu-buru dalam memilih developer. Sebaliknya, Anda harus mengukur reputasinya dahulu dengan cara melihat kelengkapan izin developer mulai dari izin peruntukan tanah, site plan dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk meminta saran ke orang terdekat juga ya.

  1. Pastikan Anda Mengerti Mengenai Sertifikat

Awalnya, serifikat rumah yang Anda beli melalui developer akan memakai nama dari developer itu sendiri. Haknya tentu akan diganti atas nama Anda, namun hal ini membutuhkan proses. Nah, jangan sampai terjadi miskomunikasi antara Anda dan developer. Pastikan utnuk menanyakannya secara detail terlebih dahulu.

tips beli rumah agar tak tertipu developer

  1. Jangan Langsung Bayar DP

Eit, walaupun reputasi developer Anda sudah baik dan perjanjian mengenai sertifikat sudah jelas, Anda tetap tidak boleh membayarkan DP sembarangan sebeum KPR disetujui oleh pihak bank. DP yang sudah dibayarkan akan sangat sulit untuk diambil kembali jika ternyata KPR ditolak oleh pihak bank.

  1. Segera Urus Akta dan Status SHM

Setelah Anda mendapatkan rumah atau property lain seperti tanah beserta hak – hak Anda dari jasa developer, segeralah urus Akta Jual Beli dan status SHM-nya. Akta jual beli atau yang disingkat dengan AJB ini akan berfungsi sebagai bukti sah bahwa hak tanah dan bangunan sudah beralih kepada pihak lain yakni pihak Anda. Seanjutnya, Anda harus mengurus SHM. Memang kebanyakan developer akan mengurusnya untuk Anda, namun jika tidak, segeralah urus.

  1. Jangan Bertransaksi di Bawah Tangan

Tips beli rumah agar tak tertipu developer selanjutnya adalah dengan menghindari transaksi di bawah tangan. Hal ini sangat berisiko untuk menimbulkan kerugian pada pihak Anda sendiri. Lakukanlah segala sesuatunya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

  1. Pastikan Rumah Memiliki IMB

IMB ternyata tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan bahwa rumah yang Anda beli memiliki IMB. Tersedianya Izin mendirikan Rumah (IMB) ini akan membantu Anda untuk menghindari berbagai masalah di kemudian hari.

Dari berbagai tips beli rumah agar tak tertipu developer di atas, dapat kita simpulkan bahwa dibalik segala kemudahan membeli rumah melalui developer, ada juga sejumlah hal yang perlu diwaspadai. Intinya, Anda harus cerdas dan menerapkan tips-tips di atas agar terhindar dari masalah mengenai pembelian rumah.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail