Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 - 6 Bulan

Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 – 6 Bulan

Memperhatikan tahapan perkembangan bayi tentu merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Jika anda memiliki bayi yang baru lahir, akan sangat penting menyimak berbagai perkembangan bayi agar kondisi bayi dapat terjaga. Selain itu, dengan mengetahui hal-hal berkaitan tumbuh kembang bayi, anda juga dapat menghindari beberapa masalah yang mungkin muncul. Kita akan menyimak beberapa perkembangan bayi mulai dari usia 0 bulan hingga 6 bulan.
• Usia 1 bulan
Pada perkembangan bayi di bulan pertama, anda akan mendapati bayi anda dapat menggerakan kepala ke sisi kanan dan sisi kiri dalam posisi tengkurap – biasanya ketika anda sedang akan memandikannya. Selain itu, bayi pada usia 1 bulan ini cenderung sudah bisa mencengkeram dengan kuat dan mengikuti gerakan anda dengan pandangan mata.
• Usia 2 bulan
Salah satu tahapan tumbuh kembang bayi pada usia 2 bulan yang tentu akan membuat anda senang adalah bayi akan mampu menahan kepala dan juga leher mereka saat tengkurap walaupun hanya sebentar. Selain itu, bayi pada usia 2 bulan juga sudah mampu membuka dan menutup tangan serta melakukan pukulan tanpa arah sebagai respon yang diberikan.
• Usia 3 bulan
Pada saat bayi menginjak usia 3 bulan, salah satu perkembangan yang cukup signifikan adalah ia sudah mampu meraih maupun mengambil objek yang berada disekitarnya. Bayi sudah mulai memberikan respon yang optimal terhadap segala bentuk rangsangan yang anda berikan. Selain itu, salah satu tumbuh kembang bayi pada usia ini adalah ia sudah mulai bisa tertawa dan menggenggam objek.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 - 6 Bulan
• Usia 4 bulan
Saat bayi menginjak usia 4 bulan, ia sudah mampu tertawa dengan lebih keras. Selain itu, ia juga dapat mendorong badan keatas pada posisi tengkurap dengan bertumpu pada kedua tangannya. Selain itu, pada usia ini, bayi sudah aktif memberikan respon, seperti misalnya menangis ketika mainan yang mereka bawa direbut.
• Usia 5 bulan
Memasuki usia 5 bulan, bayi akan mengalami beberapa perkembangan yang cukup signifikan. Dalam hal ini, anda sebagai orang tua tentu tetap harus menjaga tahapan tumbuh kembang bayi. Pada usia 5 bulan, bayi sudah mulai berguling sehingga anda harus lebih berhati-hati untuk menidurkannya. Selain itu, bayi sudah bisa memindahkan objek dari tangan satu ke tangan yang lainnya.
• Usia 6 bulan
Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, mereka akan mulai aktif menggulingkan badan ke kiri maupun ke kanan. Selain itu tumbuh kembang bayi pada usia 6 bulan ini adalah ia mulai pintar mengoceh dan mengenali beberapa orang disekitar mereka. Tentu saja, selain mengetahui beberapa perkembangan bayi tadi, anda juga sangat penting memperhatikan asupan gizi mereka.

Paling banyak di cari :

  • perkembangan bayi dari usia 0
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail