Penyebab Utama Bau Apek pada Pakaian

Penyebab Utama Bau Apek pada Pakaian

Mencuci pakaian memang terkesan sebagai kegiatan yang sederhana. Mencuci pakaian pun sudah menjadi semakin mudah karena hadirnya mesin cuci. Dengan demikian, maka secara logika semua orang bisa mencuci. Walaupun demikian, banyak sekali keluhan mengenai baju yang berbau apek walaupun sudah dicuci. Ternyata, proses pencucian dan pengeringan pakaian yang tidak tepat dapat menyebabkan bau apek pada baju. Berikut kami hadirkan informasi mengenai penyebab baju bau apek secara lengkap.

  • Proses Perendaman yang Terlalu Lama

Penyebab bau apek pada baju yang paling umum adalah perendaman yang terlalu lama. Terkadang, kita berpikir bahwa semakin lama perendaman, semakin bersih pula pakaian yang kita cuci. Anggapan ini jelas keliru. Perendaman yang terlalu lama akan membuat bahan pakaian menjadi menipis dan menimbulkan bau tak sedap. Hal ini dikarenakan menumpuknya dan meresapnya kuman pada kain.

  • Menggunakan Detergen yang Tidak Tepat dan Berlebihan

Tak bisa disepelekan, pemilihan detergen akan mempengaruhi kualitas pakaian yang Anda cuci. Banyak orang memilih sebuah merek detergen hanya berdasarkan wewangiannya tanpa memperhitungkan kualitasnya. Sudah seharusnya Anda beralih ke detergen yang lebih ampuh membersihkan noda. Pemakaiannya pun harus sesuai takaran dan jangan berlebihan karena busa yang dihasilkan detergen dapat mengendap pada pakaian dan menimbulkan bau apek.

  • Menjemur Terlalu Lama

Penyebab baju bau apek bukan hanya karena terlalu lama merendam tetapi bisa pula disebabkan karena proses penjemuran yang terlalu lama. Pakaian yang terlalu lama dijemur di bawah terik matahari dapat membuatnya menjadi berbau tidak sedap bahkan sampai dapat menularkan baunya ke badan Anda.

  • Penggunaan Air yang Kotor

Selain faktor detergen, penjemuran dan perendaman, air yang kita gunakan untuk mencuci pun dapat menyebabkan bau tidak sedap pada pakaian. Air dengan kadar zat besi atau kaporit yang berlebihan rentan menyebabkan bau apek. Apalagi jika Anda nekat menggunakan air kotor untuk pencucian baju.Penyebab Utama Bau Apek pada Pakaian

  • Tidak Mencuci Pakaian Bekas Keringat dengan Segera

Keringat yang biasanya menimbulkan bau badan ini juga dapat menimbulkan bau pada baju. Setiap Anda berkeringat, maka keringat tersebut akan menempel dan meresap pada serat baju dan meninggalkan bekas. Bekas keringat yang tidak segera dicuci akan membuatnya membandel dan sulit untuk dihilangkan. Jadi, sebaiknya Anda mendahulukan mencuci pakaian yang penuh dengan keringat.

  • Kering Tidak Merata

Bukan hanya proses pengeringan yang terlalu lama tapi juga proses pengeringan yang tidak merata dapat membuat baju Anda berbau apek. Oleh karena itu, periksalah kembali bagian mana yang masih belum kering pada saat pengangkatan jemuran dan sebelum menyetrika.

Dengan mengetahui penyebab baju bau apek yang biasanya terjadi, maka Anda pun bisa menghindari baju bau apek secara efektif. Selamat mengubah cara mencuci Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail