Mengintip Berbagai Festival Unik dan Keren di Jepang`

Mengintip Berbagai Festival Unik dan Keren di Jepang

Jepang, adalah salah satu negara di dunia yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi. Setidaknya, negara ini memiliki 300.000 jenis festival yang diadakan setiap tahunnya. Di antara festival sebanyak ini, ada festival unik dan keren di Jepang yang juga dilaksakan setiap tahun.

Festival tersebut ada yang berlandaskan agama ada juga hanya sekadar perayaan saja. Nah, jika Anda berminta mengunjungi Jepang pada waktu dekat, rasanya sayang untuk melewatkan berbagai festival unik serta keren yang ada di negara ini. Suasananya pasti meriah dan Anda pasti menyesal bila melewatkannya. Apa saja festival tersebut?

  1. Takayama Festival

Festival unik pertama yang ada di Jepang adalah Takayama Festival. Festival ini diadakan sebagai perayaan hasil panen yang berlaku dua kali dalam setahun. Biasanya, perayaan musim panen ini ada di awal musim semi antara 14 hingga 15 April. Waktu lainnya adalah di pertengahan musim gugur antara 9 hingga 10 Oktober.

Di festival ini, Anda akan melihat beragam atraksi menarik. Salah satunya adalah tradisi Yatai yang telah ada sejak abad ke 17. Yatai, adalah gerobak yang diangkat oleh penduduk dan dihiasi dengan sangat indah oleh pengrajin Hida. Gerobak ini akan dibawa mengelilingi area kuil tempat festival dilaksanakan.

  1. Chibuchibu Night Festival

Lalu ada Chibuchibu Night Festival. Acara ini biasanya berlangsung setiap 2 hingga 3 Desember setiap tahunnya. Acara ini akan dilangsungkan di Saitama. Chibuchibu Night Festival adalah acara terbesar di Jepang yang memamerkan berbagai Yatai atau gerobak yang indah penuh hiasan serta Mikoshi dan pesta kembang api yang spektakuler.

Berbagai lentera berwarna terang juga menghiasi acara ini. Lentera-lentera ini nantinya akan digunakan dalam pertunjukan Kabuki. Festival ini akan berakhir dengan ditandainya penempatan Yatai di balai kota dan perayaan kembang api selama 2 jam non-stop.

  1. Sapporo Snow Festival

Meski Jepang adalah negara yang aman, Anda tetap tak boleh melewatkan untuk memiliki travel insurance saat anda akan berkunjung ke sini. Dengan asuransi ini, segala hal buruk yang bisa jadi menimpa Anda kapan saja bisa ditanggulangi. Termasuk peristiwa buruk saat Anda menyaksikan berbagai festival di Jepang ini.

Nah, festival selanjutnya di Jepang yang paling ditunggu adalah Sapporo Snow Festival. Acara ini juga dikenal dengan nama Sapporo Yuki Matsuri yang merupakan kontes festival salju terbesar di Jepang dan telah bertaraf internasional. Festival ini biasanya diadakan di tanggal 6 hingga 12 Februari.

Di acara yang diadakan di tiga tempat di wilayah Sapporo ini, Anda bisa menemukan  patung salju berbagai ukuran, mulai dari yang besar hingga kecil. Selain itu, Anda juga bisa menemukan ratusan ukiran es dengan pertunjukan, lalu festival musik selama acara berlangsung. Festival unik dan keren di Jepang ini layak untuk dikunjungi, kan?

  1. Tenjin Matsuri

Berikutnya ada festival Tenjin Matsuri. Di festival ini, Anda akan melihat acara di darat yang diramaikan oleh penduduk lokal dengan penabuh drum, penari serta penduduk yang mengenakan pakaian tradisional pada siang harinya. Sedangkan pada bagian kedua yang berlangsung di malam hari Anda bisa menyaksikan yang lebih keren.

Para penduduk lokal yang menabuh drum, menari dan lainnya akan membawa Mikoshi berpindah ke perahu lalu mengarungi sungai diiringi kemeriahan festival kembang api semalaman. Festival ini bisa Anda temukan di Kuil Tenmangu, Osaka pada tanggal 24 hingga 25 Juli setiap tahunnya.

Nah, bagaimana? Sudah memutuskan untuk pergi ke Jepang dalam waktu dekat? Festival unik dan keren di Jepang mana yang akan Anda kunjungi? Tapi ingat, selalu jaga diri selama liburan, ya! Salah satunya dengan memiliki asuransi perjalanan yang akan meng-cover seluruh masalah yang bisa jadi Anda alami selama liburan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail