Peralatan sekolah murah Anak SD

Macam-macam Peralatan sekolah murah Anak SD yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai orang tua, memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya adalah suatu kewajiban dan tanda syukur atas amanah yang Tuhan beri. Menyekolahkan anak adalah cita-cita semua orang tua. Dengan bersekolah, orang tua berharap agar kelak anaknya menjadi seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Bukan hanya pandai secara akademik saja, namun pandai juga dalam bersosialisasi. Sekolah memang melatih anak-anak untuk dapat menjalin pertemanan yang baik dan juga menghargai serta menghormati orang yang lebih tua. Bagi Anda yang saat ini tengah memiliki anak yang akan memasuki bangku Sekolah Dasar (SD), maka inilah awal Anda akan mempersiapkan mental anak sebaik mungkin dalam menuntut ilmu. Tak ketinggalan juga mempersiapkan segala peralatan sekolah murah yang anak butuhkan.

Sekolah Dasar, disebut sebagai sekolah paling dasar karena di situlah anak-anak akan mengawali berbagai macam mata pelajaran yang awalnya akan asing bagi sang anak. Namun demikian kurikulum yang telah dibuat oleh pemerintah, sekiranya telah menyesuaikan kapasitas anak dalam menerima pelajaran. Meskipun demikian, di luar negeri kurikulum yang diberikan pada anak sekolah berbeda dengan Indonesia. Hal ini yang masih sering menjadi bahan perbincangan banyak petinggi pemerhati pendidikan anak.

Usia anak yang siap memasuki Sekolah Dasar biasanya sekitar 6 sampai 7 tahun. Perlengkapan yang dibutuhkan pun berbeda dengan anak di bangku TK. Berikut ini peralatan sekolah murah yang dapat Anda persiapkan. Yang pertama adalah seragam sekolah. Seragam sekolah untuk SD Negeri berwarna merah untuk bawahan dan putih untuk atasan. Adapun yang menggunakan dasi berwarna merah sebagai pelengkapnya. Pakaian anak laki-laki berupa celana pendek selutut dan dengan atasan kemeja lengan pendek. Sedangkan untuk perempuan, bawahan berupa rok selutut dan atasan kemeja lengan pendek. Bagi sekolah dengan background agama Islam, biasanya pakaian dibuat panjang. Baik celana, rok, dan kemeja semuanya panjang. Dan untuk perempuan menggunakan jilbab berwarna putih.

Kemudian alat-alat tulis. Bagi Sekolah Dasar, peralatan tulis yang dibutuhkan antara lain buku tulis, buku kotak-kotak, buku bergaris untuk menulis huruf latin, pensil, penghapus, penggaris, buku gambar, buku mewarnai, pensil crayon, kotak pensil, spidol, pensil warna, dan pulpen. Sebagai penunjang mata pelajaran, biasanya juga ada buku-buku paket dan Lembar Kerja Siswa yang biasa disebut LKS.

Berikutnya kaos kaki dan juga sepatu. Biasanya sekolah memiliki peraturan tentang sepatu dan kaos kaki yang digunakan murid-muridnya. Sepatu berwarna hitam atau gelap dan kaos kaki berwarna putih. Hal ini dimaksudkan untuk keseragaman dan sebagai bentuk kedisiplinan akan tata tertib yang berlaku. Yang terakhir adalah tas sekolah. Tas yang banyak digunakan adalah tas ransel. Dimana tas tersebut dapat memuat banyak perlengkapan dan peralatan sekolah yang dibutuhkan anak sehari-harinya.

Dengan mempersiapkan semua peralatan sekolah murah dengan baik, Anda akan lebih siap untuk mempersiapkan mental anak-anak Anda untuk memulai sekolah pertamanya esok hari. Bekali anak-anak Anda dengan keberanian dan kepercayaan diri. Meski awalnya akan sangat sulit, namun perlahan anak-anak akan mulai terbiasa dengan contoh baik yang orang tua berikan. Dan perlu diingat juga, dengan sudah menyekolahkan anak bukan berarti tugas orang tua berkurang. Tugas orang tua tak pernah berkurang meski anak sudah menjadi sarjana sekalipun. Dalam arti didiklah anak dengan tanggung jawab penuh. Karena dengan didikan yang baik maka anak akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail