Ketahui Manfaat Kandungan FOS dan GOS dalam Susu Bayi

Ketahui Manfaat Kandungan FOS dan GOS dalam Susu Bayi

Saat Anda membeli susu di toko yang jual susu bayi, pernahkah Anda dengan sengaja memperhatikan kandungan-kandungan yang ada pada susu formula tersebut? Jika pernah, adakah Anda mencari tahu manfaat dari setiap kandungan yang ada? Jika sudah, tahukah Anda apa manfaat dari kandungan FOS dan GOS pada susu?

FOS dan GOS Dapat Meningkatkan Penyerapan pada Susu

FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida) merupakan 2 jenis oligosakarida yang juga menjadi salah satu prebiotik pada ASI. Oligosakarida merupakan sejenis karbohidrat yang secara selektif di metabolisme pada usus besar sehingga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik secara alami di dalam saluran cerna bayi Anda.

Susu yang telah diperkaya dengan kandungan FOS dan GOS dapat meningkatkan penyerapan kalsium, menjaga kulit serta pernapasan bayi, mengurangi resiko infeksi saluran pencernaan, dapat menurunkan mikroba atau bakteri jahat dalam usus sekaligus melunakkan feses bayi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan jumlah bakteri yang baik.

Mengoptimalkan Sistem Pencernaan juga Kesehatannya

Komposisi FOS:GOS 1:9 dengan kadar yang signifikan (FOS 0.08gr/100 ml : GOS 0.7 gr/100ml) berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap dalam kondisi sehat. Di mana uji klinis telah dilakukan terhadap 1600 bayi.

Studi klinis juga menyatakan bahwa perpaduan dua unsur yaitu FOS dan GOS memiliki kemampupuan menggiatkan perkembangbiakan mikroflora (bakteri) yang menguntungkan untuk saluran pencernaan.Kemudian nantinya perkembangan bakteri baik yang terjadi dapat berfungsi untuk membuat penyerapan makanan menjadi lebih optimal.

Kombinasi antara FOS (frukto-oligosakarida) dan GOS (galakto-oligosakarida) juga berfungsi secara efektif untuk memperkuat daya tahan tubuh secara alami. Maka dari itu susu yang mengandung FOS dan GOS akan membantu bayi Anda menjadi lebih sehat dan proses tumbuh kembangnya pun menjadi lencar.

Khasiat dari FOS dan GOS dalam susu ini secara tidak langsung dapat mengoptimalkan pertumbuhan bayi dan dapat berfungsi untuk menghindari bayi Anda dari sembelit. Manfaat  yang dimiliki senyawa ini di dalam susu pertumbuhan disebut sebagai efek bifidogenik yaitu menstimulir pertumbuhan bifidobakteria dan laktobasili pada saluran pencernaan anak.

Di Eropa telah berlangsung sebuah penelitian dengan hasil yang menunjukkan bahwa pemberian susu pertumbuhan dengan adanya kandungan FOS dan GOS sebanyak 0,4g/100ml atau 0,8gr/100ml yang dilaksanakan secara teratur selama 28 hari menunjukkan hasil positif. Hasil yang didapat yatu feses anak-anak mengalami peningkatan bifidokateria dan laktobasili.

Adanya kandungan FOS dan GOS menjadi penyempurna kandungan yang ada di susu bayi Anda. Begitu mengetahui manfaat dari FOS dan GOS Anda bisa mendapatkannya dengan memastikan terlebih dahulu kandungan susu yang tersedia di toko jual susu bayi.  Selain itu pastikan juga untuk melihat tanggal kedaluwarsa yang ada pada kemasan susu.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail