Cara Merawat Anak Kucing Anggora Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Anggora Baru Lahir

Memiliki kucing peliharaan merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Namun terkadang kita bingung cara merawat anak kucing anggora baru lahir. Tentu saja butuh banyak penyesuaian dan Anda harus meluangkan waktu untuk memberinya perhatian lebih. Berikut cara merawat anak kucing anggora.

  1. Memberi Makan

Jika Anda punya anak kucing anggora atau baru saja mengadopsinya, memberikan makanan pengganti menjadi hal penting mengingat si kucing tidak menyusu induknya. Hal ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak kucing.

Anda bisa menggantinya dengan susu bubuk yang biasa dijual di pet shop atau klinik hewan. Namun untuk mengetahui dosisnya, Anda bisa tanya ke sesama pemelihara kucing anggora atau langsung ke klinik hewan.

  1. Gunakan Botol Susu

Cara memberikan susu pada kucing anggora harus menggunakan botol. Botol atau dot kucing dijual di toko hewan atau bisa pesan secara online. Dengan adanya botol susu, Anda tidak perlu repot menyuapi si kucing.

  1. Memancing Anak Kucing Anggora untuk BAK

Hal ini mungkin terdengar sepele. Anda pasti beranggapan bahwa anak kucing pasti bisa BAK sendiri. Anda yang harus mengajarkannya. Agar anak kucing anggora tidak buang air sembarangan, Anda harus mengajarkan dengan beberapa cara yang mudah.

Caranya yaitu bersihkan anus dan bagian kelamin kucing setelah makan dengan air hangat dan letakkan anak kucing di dalam pasirnya agar terlatih membuang kotoran di tempatnya. Agar tidak terjadi iritasi, cucilah alat kelamin anak kucing anggora tersebut secara searah.

  1. Pahami Jadwal Rutin Makan Anak Kucing

Anak kucing pada minggu pertama akan makan 2-3 jam sekali demi pertumbuhan anak kucing yang baik. Ia akan mengeong saat lapar seperti mencari susu induknya. Sehingga Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memberinya makan dan minum.

  1. Suhu Tubuh Anak Kucing Anggora

Jika kucing Anda mengalami kedinginan maka jangan diberi makan terlebih dulu. Hal yang harus Anda lakukan yaitu menghangatkan suhunya dengan perlahan. Anda bisa menggunakan kain hangat untuk dijadikan selimut. Jika tindakan Anda kurang cepat, maka akan mengancam keselamatan si kucing.

  1. Perhatikan Persediaan Minum

Anda harus selalu menyiapkan air bersih di wadah kucing untuk air minum. Rajinlah mengganti air minum karena anak.kucing biasanya terlalu aktif dan bisa saja menumpahkan wadah minum. Keaktifan anak kucing biasanya bisa membuat wadah air minum kotor. Agar tidak menyebabkan penyakit, maka Anda harus secepatnya mengganti.

  1. Biarkan Anak Kucing Tetap di Kandangnya

Anak Kucing anggora yang baru lahir sebaiknya hanya di kandang. Harapannya agar tidak hilang atau dibawa orang di jalan. Selain itu, anak kucing belum bisa menghafal lingkungan dengan baik, sehingga bisa tersesat dan tidak pulang. Oleh karenanya, tetap letakkan di kandang. Jika Anda tetap ingin mengeluarkannya sebaiknya hanya di dalam rumah.

Memelihara kucing bukan pekerjaan yang mudah. Namun jika bisa membesarkan anak kucing anggora baru lahir hingga dewasa maka akan ada kepuasan batin tersendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaganya dengan baik.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail