Cara Melakukan Tes Kehamilan

Cara Menggunakan Test Pack untuk Mengecek Kehamilan

Trimester pertama kehamilan memang menjadi masa yang paling penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan, ketika wanita melewatkan hal ini, maka umumnya pertumbuhan atau perkembangan janin tidak akan optimal. Bahkan juga jadi saat yang paling rentan mengalami keguguran, untuk itulah harus dideteksi atau diketahui sedini mungkin. Anda bisa melakukan tes kehamilan sendiri dirumah atau dengan datang ke dokter kandungan maupun bidan untuk hasil yang lebih akurat.

Hanya saja memang terkadang banyak diantara wanita yang belum mau datang ke bidan maupun dokter dengan alasan ingin memastikan terlebih dahulu menggunakan cara-cara tradisional ataupun dengan membeli test pack. Patut untuk diketahui bahwa ini adalah alat yang bisa dengan mudah ditemukan di apotek dan harganya juga terbilang sangat murah, cocok untuk melakukan pengajuan kehamilan. Pilihlah yang sensitifitasnya tinggi untuk hasil yang lebih akurat. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan alat tersebut? Berikut ini panduan mudahnya yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Belilah produk yang masih layak pakai atau tidak melebihi tanggal kadaluarsanya, selain itu sebaiknya belilah merk yang sudah terpercaya, sehingga mendapatkan sensitifitas yang tinggi, hasilnya juga akan lebih akurat.
  2. Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaannya, untuk petunjuk ini umumnya tertera pada label kemasan produk, sehingga sebelum di sobek maka baca terlebih dahulu.
  3. Lakukan pengujian pada saat kencing pertama, biasanya adalah di pagi hari, sehabis Anda bangun tidur, karena sebenarnya ini adalah saat yang paling tepat untuk mendeteksi apakah tengah benar-benar hamil atau tidak.
  4. Setelah menampung urine yang dikeluarkan tersebut langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan ujung test pack, taruh selama beberapa saat di dalam urine.
  5. Setelah itu cek apakah garis merah yang ada berubah menjadi 2 atau masih satu, jika garis merah ada 2 hasilnya adalah positif atau tengah hamil, namun jika hanya 1 tandanya belum hamil.

Sangat mudah bukan pemakaiannya, ada baiknya setelah mengetahui kehamilan bisa segera di periksakan ke dokter. Perbanyak membaca informasi tentang kehamilan di aplikasi untuk ibu hamil untuk memperluas wawasan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail