Cara Asyik Membuat Sekaligus Menikmati Matcha di Rumah

Cara Asyik Membuat Sekaligus Menikmati Matcha di Rumah

Rangkaian pembuatan matcha yang asli cukup sulit dan rumit, karena ada beberapahal  aturan di setiap step pembuatannya.

Kali ini artikel ini akan membahas cara membuat matcha yang bahan dasarnya dari matcha powder itu sendiri. Anda hanya menyiapkan bubuk matcha dan pengaduk matcha yang terbuat dari bambu. Asalkan ada bahan dan alat itu, Anda sudah bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

  1. Masukkan Bubuk Matcha ke Dalam Mangkuk Teh

Langkah pertama, masukkan bubuk matcha ke dalam cangkir teh yang sudah disiapkan. Lalu tuangkan 2 sendok bubuk teh hiaju ke dalam cangkir. Tetapi kalauhanya memiliki sendok teh yang biasa, cukup tuangkan setengah sendok saja ke dalam cangkir teh.

  1. Tuangkan air panas ke dalam cangkir

Langkah selanjutnya adalah menuangkan air panas ke dalam cangkir.Suhu biasa digunakan sekitar 80-90 derajat. Suhu yang digunakan harus tepat agar dapat mengahasilkan the hijau berkualitas.

  1. Membuat Matcha

Setelah menuang air panas ke dalam cangkir teh, inilah saatnya Anda akan membuat matcha. Di sini alat yang Anda butuhkan adalah chasen. Chasen adalah bambu dan memiliki bentuk yang. Maka, Anda harus memegangnya dengan sangat hati-hati. Chasen bisa Anda dapatkan di toko-toko yang khusus yang menjual teh, atau di toko yang biasanya menjual souvenir atau produk khas Jepang.

Bila matcha sudah tercampur, saatnya anda mengaduk menggunakan chasen.Dalam hal ini, jangan membiarkan chasen melekat pada bagian dasar cangkir. Gerakkan alat tersebut di permukaan air panas saja.

  1. Matcha sudah siap dihidangkan

Setelah anda mengikuti tahap tahapan diatas, dan sudah bisa mengaduk matcha dengan menggunakan chasen secara benar, anda tinggal memperhatikan hasil dari adukan chasen yang sebelumnya dilakukan. Cukup dengan melihat  lebih dekat lagi, buih-buih kecil pada cangkir the tersebut yang muncul di permukaan air teh akan membentuk huruf hiragana dengan baik dan sempurna, Matcha yang anda buat semakin terlihat indah dan sesuai karena busa yang ada di tengah permukaan teh membentuk huruf hiragana yang sempurna.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail