Berita viral Hoax

Berita Viral Hoax yang Menggemparkan

Sebelum membahas mengenai berita viral hoax secara lebih rinci, coba kita bahas hal yang mendasar terlebih dahulu. Apa sih maksud dari viral itu sendiri? Viral adalah sebuah istilah yang dikenal sebagai metode penyebaran pesan dengan menggunakan teknologi. Teknologi di sini umumnya adalah internet. Secara sederhana, jika seseorang mendapatkan sebuah konten, lalu orang itu merasa konten ini layak dibagikan, maka ia mengirimkan konten tersebut ke orang lain melalui internet. Penyebaran yang seperti inilah yang disebut dengan viral.

Dengan kata lain, berita viral ini hampir sama dengan gosip yang disebarkan dari mulut ke mulut. Oleh karena itu suatu konten yang disebarkan oleh seseorang bisa saja hoax alias tidak benar adanya. Sama halnya dengan gosip yang bisa saja disebarkan tanpa bukti oleh pihak tertentu dan untuk tujuan tertentu. “Ah masa viral bisa hoax sih?” Mungkin itu yang terbesit di benak Anda. Ya, tentu saja bisa. Berikut contoh berita viral hoax yang telah sempat ramai digunjingkan.

Pertama, beredarnya foto Tompi, salah satu penyanyi papan atas Indonesia yang memegang poster bertuliskan “Ahok Terbukti Menista Agamaku”. Anda tentu masih ingat kasus calon guberdur DKI Jakarta Ahok yang masih berjalan sampai sekarang. Berita viral ini ternyata hoax. Tompi pun segera melakukan klarifikasi dan mengatakan bahwa foto tersebut hasil suntingan. Foto yang ia ambil sebenarnya adalah foto dirinya yang membawa poster bertuliskan “Ahok-Djarot Terbukti”. Pengedit foto ini tentu saja memiliki tujuan tertentu dalam pengeditan foto tersebut.

Berita viral Hoax

Berita viral hoax lainnya yang sungguh mengejutkan adalah salah satu postingan dari akun mantan presiden NKRI yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Di dalam postingannya tersebut, akun palsu ini menulis “Saya tidak akan tinggal diam @jokowi, saya akan bongkar siapa Anda dan Megawati sesungguhnya, ayo muslin RI kita tunjukkan niat kita *SBY*”. Akun twitter Bapak SBY yang asli pun segera mengklarifikasi bahwa status itu bukan berasal dari SBY dan SBY tentu saja tidak mungkin memiliki karakter yang seperti itu.

Nah, jadi, kita jangan langsung percaya pada sebuah berita viral bergitu saja. Anda juga harus pintar-pintar dalam menggunakan media sosial. Media sosial baru yang sangat bermanfaat bagi Anda adalah Finspi.com. Selain sebagai hiburan dan untuk melihat berita viral, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali hal positif dari media sosial ini. Salah satu keunggulannya yaitu sistem smart feed yang dapat menghubungkan para penggunanya dengan berbagai kenalan baru yang memiliki kesamaan minat. Anda dapat membaca berbagai artikel menarik yang no hoax tentunya, melihat gambar, menonton video serta mendengarkan musik secara real time. Dijamin, media sosial yang satu ini dapat membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail