Bahan Alami yang Dapat Mengobati Radang Tenggorokan

Di waktu kecil dulu, apakah Anda pernah mengalami sakit tenggorokan? Bisa ditebak bahwa sebagian besar dari Anda menjawab, ‘iya’. Pasalnya kekebalan tubuh terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk ketika kita dewasa sehingga radang tenggorokan lebih banyak menyerang anak-anak sampai remaja.

Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan bakteri yang kemudian akan menyebabkan infeksi. Parainfluenza virus, coronavirus dan rhinovirus merupakan beberapa jenis virus yang paling umum menjadi penyebab radang tenggorokan. Jika anak Anda ataupun Anda sedang menderita sakit tenggorokan yang gejalanya dapat sangat mengganggu aktivitas, maka Anda bisa mencoba pengobatan alami. Berikut cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat.

  1. Bawang Putih

Bawang putih sudah dikenal sebagai bahan alami anti inflamasi. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, bawang putih jelas berperan secara efektif dalam penyembuhan radang tenggorokan. Caranya pun mudah, Anda bisa langsung mengunyah satu butir bawang putih mentah sampai halus kemudian ambil air putih dan gunakan untuk berkumur-kumur.

  1. Air Garam

Siapa yang menyangka bahwa ternyata sifat anitiseptik dimiliki oleh bumbu dapur yang satu ini. Kandungan tersebut kemudian dapat membunuh bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan Anda. Normalnya, cara mengobati radang tenggorokan dengan garam dilakukan dengan cara melarutkan 1-2 sendok garam ke dalam segelas air putih dan menggunakannya untuk berkumur-kumur.

  1. Buah Pisang

Akibat radang tenggorokan yang paling umum adalah perasaan sakit ketika harus menelan makanan. Salah satu cara untuk mempercepat penyembuhannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang lembut terlebih dahulu. Buah pisang merupakan pilihan yang paling tepat karena selain lembut, buah pisang juga kaya akan nutrisi dan potassium yang dapat mengurangi peradangan.Bahan Alami yang Dapat Mengobati Radang Tenggorokan

  1. Lemon dan Madu

Orang tua zaman dulu banyak yang menggunakan air perasan lemon atau jeruk sebagai obat masalah tenggorokan seperti sakit tenggorokan atau pun batuk. Hal ini ternyata dibenarkan secara ilmiah. Kandungan vitamin C tinggi pada lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sedangkan madu sendiri berkhasiat langsung dalam penyembuhan peradangan Anda. Anda tinggal mencampurkan kedua bahan ini dalam satu buah gelas lalu meminumnya sampai habis.

  1. Wedang Jahe

Wedang jahe ternyata bukan hanya menimbulkan sensasi hangat di tubuh namun dapat berfungsi sebagai penghilang racun dan mengatasi peradangan. Anda bisa membuat wedang jahe sendiri dengan menumpuk rempah jahe segar dan menyeduhnya dengan air panas. Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok madu agar rasanya lebih enak.

Cara mengobati radang tenggorokan di atas tersebut pun akan semakin sempurna jika diiringi dengan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya, memperbanyak istirahat, serta menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok baik perokok aktif maupun pasif.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail