6 Cara Tepat Melatih Anak Berpuasa Tanpa Paksaan

6 Cara Tepat Melatih Anak Berpuasa Tanpa Paksaan

Kita sudah sampai lagi pada bulan puasa di tahun ini. Berpuasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim. Memang ada beberapa kondisi yang tidak mengharuskan seseorang berpuasa contohnya anak kecil yang belum baligh. Mereka masih tidak diwajibkan untuk menunaikan puasa.

Kendati demikian, bukan berarti orang tua harus acuh dengan puasa anaknya. Sebaliknya, orang tua seharusnya mulai mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini sehingga ia tidak akan terkejut nantinya jika sudah wajib berpuasa. Nah, cara melatih anak berpuasa bisa dikatakan susah-susah gampang, pasalnya Anda sedang menghadapi anak kecil yang mood-nya suka berubah. Alangkah baiknya Anda menerapkan 6 tips di bawah ini.

  1. Ceritakan Kisah Heroik Tentang Ibadah Puasa

Hal pertama yang bisa ayah dan ibu lakukan adalah menimbulkan minat puasa dalam diri anak. Menimbulkan minat ini tidak dilakukan dengan cara memerintah lo tetapi harus dengan cara yang menyenangkan. Karena sifat anak yang suka cerita, Anda bisa menceriakan kisah heroik tentang ibadah puasa.

Anda dapat mengutip kisah-kisah teladan dari rasul, kisah Anda sendiri atau kisah lainnya yang intinya menceritakan tentang betapa hebatnya orang yang berpuasa.

  1. Lakukan Secara Bertahap

Jika Anda telah berhasil memotivasi anak untuk berpuasa, pahamilah bahwa mereka tidak akan bisa langsung terbiasa. Mereka akan kaget ketika mendapati perut kosong di tengah hari dan pahamilah bahwa mereka mungkin mengeluh.

Sebaiknya, Anda terapkan saja dulu puasa bertahap kepada anak. Misalnya, ajaklah anak untuk berpuasa minimal setengah hari dahulu. Jika sudah tidak ada masalah dengan itu, naikkan levelnya menjadi full.

  1. Ciptakan Suasana Puasa yang Menyenangkan

Dua cara di atas saja tentu tidak cukup untuk melatih si kecil berpuasa. Anda harus berusaha untuk menciptakan suasana puasa yang menyenangkan. Misalnya, bangunkan ia sahur dengan cara yang menyenangkan dan contohkan sikap semangat orang tua pada saat berpuasa di siang hari. Jika anak melihat orang tuanya lesu dan tidak bersemangat, percayalah bahwa semangat anak untuk berpuasa juga akan berkurang drastis.

  1. Siapkan Makanan Kesukaannya di Saat Berbuka

Setelah berhasil seharian berpuasa, anak tentu mengharapkan makanan kesukaannya terhidang di meja makan. Nah, pada awal-awal kesuksesannya belajar berpuasa, ibunda harus rajin memasak makanan kesukaannya ya. Kalau perlu, ayah dan bunda juga bisa bertanya padanya mengenai makanan apa yang ia mau saat berbuka nanti.

Tips Latih Anak Kecil Berpuasa

  1. Berikan Pujian

Apresiasi adalah sesuatu yang sangat disukai oleh anak-anak. Apresiasi pula yang akan membuat ia lebih semangat untuk melakukan puasa sepanjang hari. So, jangan segan untuk memuji kehebatan anak. Katakan padanya bahwa orang yang berhasil menjalankan puasa adalah seorang pahlawan.

  1. Beritahu Ia Manfaat Puasa

Pada poin nomor 1 sebenarnya Anda telah disarankan untuk mengedukasi segala hal tentang puasa kepada anak termasuk larangan-larangan dan manfaatnya dengan cara yang menyenangkan. Namun, Anda juga bisa sesekali mengulangi manfaat puasa sambil memujinya, misalnya, “Adik pasti nggak akan pernah sakit. Dia kan sudah jaho puasa.” Secara tidak langsung, pengetahuan tentang manfaat puasa itu langsung tersimpan dalam memorinya.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 cara melatih anak berpuasa tanpa unsur paksaan dan bukan berarti orang tua tidak tegas. Semoga pembahasan ini dapat menginspirasi seluruh orang tua untuk mulai melatih anak berpuasa dengan cara cerdas.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail