Menghilangkan Kerak pada Panci Masak

5 Langkah Mudah Menghilangkan Kerak pada Panci Masak Secara Efektif

Setelah selesai digunakan, bagian dalam panci masak akan berkerak dan kerak tersebut terhitung sulit untuk dibersihkan. Hal tersebut tentunya menjadi persoalan dalam menjaga kebersihan peralatan masak. Ketahanan panci masak juga akan terganggu apabila tidak dibersihkan secara baik dan benar. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa langkah mudah sebagai cara menghilangkan kerak pada panci masak secara efektif berikut ini.

  1. Campurkan Air dengan Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka merupakan bahan-bahan yang dapat membantu menyelesaikan persoalan kerak pada panci masak. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dengan air. Gunakan bubuk baking soda dan cairan cuka secukupnya saja, sesuai kondisi kerak pada panci masak.

  1. Tuangkan Air Campuran Pada Sebatas Bagian yang Berkerak

Setelah memasukkan baking soda dan cuka ke dalam air dan mencampurkannya, masukkan air campuran tersebut ke dalam panci masak sebatas bagian yang terkena kerak. Pastikan semua kerak yang menempel pada bagian dalam panci masak dapat terendam oleh air campuran tersebut agar seluruh kerak dapat melunak dan mudah dikelupas.

Cara Membersihkan Kerak pada Panci

  1. Letakkan Panci di Atas Kompor dan Panaskan

Usai menuangkan air campuran ke dalam panci masak, maka letakkan panci masak tersebut di atas kompor. Nyalakan api dan panaskan air pada panci tersebut hingga mendidih. Tujuannya adalah agar campuran baking soda dan cuka benar-benar larut dalam air dan menunjukkan reaksinya untuk menghilangkan kerak. Seluruh bagian kerak, baik yang tipis, maupun yang keras juga akan melunak. Khasiat cuka juga dapat melunakkan kerak tersebut.

  1. Gunakanlah Sendok Kayu untuk Menghilangkan Kerak

Setelah air mendidih, tunggu beberapa saat sampai kira-kira seluruh kerak pada panci sudah melunak. Anda dapat menggunakan sendok kayu untuk menghilangkan kerak yang masih menempel dengan cara menggosoknya secara perlahan. Hindari untuk menggosok terlalu keras karena tindakan tersebut justru akan merusak permukaan panci bagian dalam karena lapisannya mengelupas. Anda harus memastikan bahwa hampir semua kerak mengelupas.

  1. Buanglah Air Kotor Tersebut dan Cucilah Pancinya

Tahap berikutnya adalah membuang air campuran yang kotor karena bercampur dengan lapisan kerak. Lalu, perhatikan dengan detail pada bagian dalam panci masak. Apabila masih terdapat sisa kerak, maka bersihkan bagian tersebut dengan spon dan air bersih, karena sisa kerak sudah lunak. Terakhir, cucilah panci masak tersebut dengan sabun cuci dan campurkan dengan lemon agar terhindar dari bau gosong.

Demikianlah cara menghilangkan kerak pada panci masak dengan efektif. Anda dapat melakukan serangkaian tahap tersebut agar kebersihan peralatan masak terjamin dan kesehatan makanan terjaga. Selain itu, panci masak juga dapat bertahan lama (awet).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail