Tips Tetap Produktif Saat Traveling

10 Tips Tetap Produktif Saat Traveling

Ada sebagian orang yang tetap tidak bisa meninggalkan pekerjaan meskipun dalam kondisi traveling. Seperti pepatah satu kali dayung dua tiga pulau terlampaui. Begitulah mereka yang travelling sambil bekerja. Berikut adalah 10 tips agar tetap produktif saat travelling sekalipun seperti dihimpun dari beberapa sumber.

  1. Catat hal yang remeh

Bagi orang yang terlalu banyak memikirkan hal-hal penting biasanya akan memudahkan melupakan hal-hal yang remeh. Tapi ternyata haram tersebut bisa jadi menjadi hal yang besar Jika mereka lupa sama sekali. Misalnya lupa tempat parkir mobil atau lupa dimana meletakkan kunci rumah rumah. Kadang-kadang untuk mengambil pakaian di laundry. Untuk bisa mengingat itu semua kamu bisa menggunakan handphone kamu dengan memotret atau mencatatnya dalam Notes. Kamu juga bisa membuat sebuah reminder agar kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat termurah melalui aplikasi kamu.

  1. Siapkan Kuota Data yang cukup

Untuk bisa selalu terkoneksi pada internet kamu harus memiliki kuota yang berlimpah. Kamu tidak akan bisa selalu terus-menerus melanda wiFi gratisan di bandara ataupun di hotel. Pada saat dibutuhkan kadang-kadang melakukan pekerjaan misalnya saat di tempat wisata. Untuk itu kamu harus menyiapkan kuota data yang cukup saat traveling agar kamu tetap update pekerjaan dan juga bisa memantau hasilnya secara langsung. Selain memikirkan untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah, kamu juga perlu menyisihkan dana lebih untuk kuota tambahan.

  1. Gunakan handphone kamu sebagai WiFi

Menggunakan handphone untuk melakukan pekerjaan kadang-kadang jangan layarnya kecil. Apalagi jika kamu harus mengolah data menggunakan Google sheet atau Microsoft Excel. Salah satu cara agar laptop kamu tetap terkoneksi dengan internet adalah dengan melakukan tethering dari handphone kamu. Dengan koneksi 4G kamu akan sangat mudah melakukan pekerjaan apapun dengan menggunakan laptop kamu dan menggunakan handphone sebagai wiFi darurat.

  1. Pasang pengaman untuk laptop kamu

Memasang pengaman untuk laptop kamu sangat penting apalagi jika laptop yang kamu gunakan adalah properti milik kantor dan bukan laptop kamu pribadi. Bukan harga laptopnya yang paling penting melainkan data-data laptop tersebut yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga laptopnya itu sendiri. Meskipun laptopnya hilang kamu perlu memproteksi laptop kamu dengan beberapa fitur keamanan dan password. Bahkan kamu bisa memasang tracking sehingga kamu tetap bisa memantau laptop kamu meskipun sudah diambil oleh orang lain.

  1. Gunakan layanan SMS di tempat terpencil

Jangan pernah menyepelekan layanan SMS atau short message service. Layanan pesan pendek ini pada masanya merupakan layanan yang paling populer sehingga bisa mengalahkan popularitas kartu pos telegram hingga kartu ucapan lebaran. Terutama kamu bisa mengandalkan nya saat kamu berada di daerah terpencil yang tidak bisa menjangkau sinyal internet. Kamu masih bisa terkoneksi dengan kantor dengan menggunakan SMS untuk hal-hal yang sederhana.

  1. Hemat baterai

Saat traveling satu hal yang paling penting adalah menghemat baterai handphone kamu ataupun laptop kamu. Handphone masa kini sudah ada beberapa fitur penghemat baterai. Kalaupun bisa melakukannya dengan cara manual salah satunya adalah mengganti layar background dengan warna hitam sehingga tidak terlalu banyak mengonsumsi baterai. Tingkat kecerahan layar sangat mempengaruhi konsumsi baterai. Selain itu kamu bisa mematikan paket data kamu saat tidak digunakan. Dalam kondisi stand by rata-rata bertahan hingga lebih dari 24 jam. Kamu juga bisa mengandalkan power bank sebagai salah satu cadangan pengisian daya baterai handphone.

  1. Jangan lupa Survival kit

Survival kit adalah barang-barang perintilan seperti benang, jarum dan gunting dan benda-benda yang akan sangat sulit untuk bisa didapatkan saat traveling. Pastikan kamu menyimpan survival kit di dalam koper bagasi pesawat agar tidak disita saat pemeriksaan.

  1. Catat pengeluaran kamu selama traveling

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mencatat Semua pengeluaran kamu selama travelling. Dengan mencatat semua pengalaman kamu selama travelling kamu bisa lebih menghemat bujet sehingga penggunaan dana bisa lebih efisien lagi. Saat travelling bukan waktunya pesta pora tapi juga bukan berarti kamu harus pelit. Gunakan uang kamu dengan bijaksana. Pastikan kamu mendapatkan harga tiket pesawat termurah dengan mencarinya 90 hari sebelumnya. Kadang-kadang saat traveling kamu juga bisa browsing promo hotel terbaik. Siapa tahu ada promo hotel murah di Bogor sehingga bisa ajak keluarga liburan bareng.

  1. Manfaatkan waktu dengan baik

Saat kamu terbang praktis kamu tidak boleh lagi terkoneksi dengan dunia luar, kecuali jika kamu menggunakan kelas penerbangan kelas bisnis ataupun kelas satu yang menyediakan fasilitas WiFi. Berbeda halnya jika kamu menggunakan kelas ekonomi. Tidak ada internet dan juga tidak ada koneksi data. Untuk itu kamu harus mengatur Kapan kamu harus terkoneksi dan kapan kamu harus bebas terkoneksi dengan internet. Saat kamu terbebas dari koneksi internet kamu bisa memanjakan diri kamu dengan mendengarkan musik favorite atau menonton film yang belum pernah kamu tonton.

  1. Siapkan tas khusus untuk peralatan tempur kamu

Jika kamu Berencana untuk tetap produktif selama liburan, kamu perlu membawa barang-barang yang menjadi teman sehari-hari bekerja di kantor. Untuk itu kamu perlu tas yang nyaman yang memiliki banyak kantong namun tetap aman menyimpan semua barang-barang tersebut. Ada salahnya juga kamu menyiapkan cover bag untuk melindunginya dari cipratan air hujan.

Paling banyak di cari :

  • K0E9
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail